BandungKlik – Untuk kesekian kalinya entitas C59-Great People yang bermarkas di Jl. Merak No. 2 Kota Bandung, Jawa Barat menerima kunjungan ratusan pelajar SMK Sumatera 40 Bandung. Serta berlanjut dengan kunjungan puluhan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Angkatan 20 Unpas Bandung. Acara berlangsung pada Rabu (14/12/22).

Penerimaan kunjungan para pelajar tersebut merupakan bagian dari program C59-Great People. Salah satunya kini dengan fokus dalam hal penyebaran dan pengembangan entrepreneurship di kalangan kawula muda.

“Hari ini ada dua institusi pendidikan kunjungi C59-Great People. Keduanya belajar tentang kewirausahaan dan tentunya teknik perkausan, termasuk sablon dan sebagainya,” jelas Agus Irvshoes selaku CEO C59-Great People.

C59-Great People
Ratusan siswa SMK Sumatera 40 Bandung saat sesi diskusi dengan Mas Wied. (Foto: Great People)

Kepada redaksi, tokoh ekonomi kreatif Kota Bandung sejak era 1980-an Marius Widyarto Wiwied yang biasa disapa Mas Wied (66) menanggapi dua lembaga mengunjunginya dalam satu hari ini.

Silakan baca: Melirik Anggrek Cantik di Pasar Anggrek C59 Bandung

“Saya bersyukur setelah Covid-19 mereda, kembali ada geliat kalangan muda untuk mengasah lebih tajam insting kewirausahaan. Ini jalan yang benar, modal hidup kita di era milenial, yang utama adalah kreativitas. Sebagian, ilmu  atau keterampilan pengembangan kreativitas yang tak ada di bangku sekolah itu, ada di sini,” papar Mas Wied yang juga pemilik C59.

Ilmu Baru & Manfaat Kuliah Lapangan

Hal yang menarik dalam kunjungan 110 pelajar SMK Sumatera 40 dan 30 mahasiswa Unpas Bandung DKV, tatkala ditanya tentang kesan-kesannya.

“Seru aja, kami mendapatkan ilmu yang baru dari dialog dengan raja ekonomi kreatif di Indonesia sejak 1980-an, ya Mas Wied. Ia banyak mendorong kita untuk mengembangkan potensi diri, keberanian berwiraswasta,” ujar Rayhan, mahasiswa DKV Unpas.

C59-Great People
Para mahasiswa DKV Unpas saat praktik menyablon kaus. (BandungKlik/Rivansyah Dunda)

Pernyataan senada juga disampaikan Alfi, “Kami melalui kuliah lapangan ini, punya wawasan baru yang segar, siap diterapkan”.

Sementara itu, rombongan mahasiswa DKV Unpas turut didampingi dua dosen, yaitu Dodi Ujum dan Hedi Hadiansyah.

“Amat bermanfaat ‘kuliah lapangan’ ini yang kami sebut juga sebagai Metoda Produksi Media. Trik dan tips dari C59-Great People yang punya pengalaman panjang di bidang desain, ini bekal yang mantap dalam menempuh studi di DKV Unpas Bandung,” pungkas Dodi yang diamini rekannya Hedi Hadiansyah.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Selain berbagi wawasan dan sharing ilmu, pada kegiatan ini pun para mahasiswa berkesempatan melihat dan mencoba proses menyablon kaus. Mereka dipandu tim dari C59-Great People.*