Bus Double Decker Kembali Ramai, Ini Fakta-Faktanya

bus double decker bus tingkat
Bus double decker PO Rosalia Indah. (rosalia-indah.co.id).*

 

BandungKlik – Pernahkah Anda naik bus tingkat alias double decker dalam sebuah perjalanan? Ya, di Indonesia bus tipe ini beberapa tahun terakhir mulai kembali diminati dan turut meramaikan lalu lintas jalan antarkota antarprovinsi.

Perusahaan otobus khususnya di Pulau Jawa mulai banyak yang menggunakan armada tersebut. Dari sisi operasional kabarnya lebih menguntungkan karena bisa memuat penumpang lebih banyak.

Apakah hanya soal keuntungan? Berikut fakta-fakta menarik lainnya dari bus tingkat ini.

Bermula dari London

Bus doubel decker bermesin pertama muncul di London, Inggris, pada tahun 1923. Di seluruh dunia, bus tingkat London adalah salah satu fitur paling ikonik, di samping telefon umum berwarna merah. Pada perkembangannya, double decker beroperasi di negara koloni Inggris, seperti Hong Kong dan Singapura dan menyebar ke sejumlah negara di dunia. Mobilkomersial menyebut, di Indonesia tren ini diperkenalkan oleh Adiputro pada 2015.

(londnr).*

Tipe tinggi dan canggih

Saat ini, sasis atau mesin bus double decker biasanya menggunakan tipe paling tinggi. Secara langsung sistem keamanannya pun bakal lebih canggih dari produk yang ada. Beragam fitur keamanan tersedia, seperti antilock-brake system (ABS), emergency brake system (EBS), antislip regulation (ASR), dan sebagainya.

Lebih luas

Terlihat jelas, bus tingkat punya bodi yang lebih luas ketimbang lantai tunggal. Oleh karena itu, bus ini bisa ditata lebih fleksibel seturut pada kebutuhan dan keinginan tertentu dari para operator atau (PO).

Beberapa operator di Jawa ada yang menambahkan kabin suite class atau super executive hingga partisi area kemudi dari area penumpang. Alhasil, kemungkinan tata interior lebih leluasa sehingga ini akan membuat penumpang lebih nyaman saat perjalanan.

Prestise dan sensasi

Bus double decker bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi PO yang memilikinya. Terlebih, saat ini tipe tersebut masih relatif sedikit lantaran biaya investasinya terbilang tinggi. Namun demikian, ada sensasi lain yang dapat ditawarkan kepada penumpang saat mengoperasikan kendaraan besar ini. Bagi penumpang? Mereka biasanya bangga bercerita: “Aku naik bis tingkat loh”. *

 

Silakan baca: Sembilan Bus Mewah Paling Mahal di Dunia 2021