Bupati Garut: Desa Wisata Harus Didorong Pemda

desa wisata ciburial garut
Pemberdayaan di desa wisata Ciburial Kabupaten Garut. (dok. Antara).*

 

BandungKlik – Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan keberadaan desa wisata harus didorong oleh pemerintah daerah. Hal tersebut demi kemajuan desa dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Nanti, demi kemajuan desa wisata harus didorong oleh pemerintah daerah. Kita juga ada homestay di sini, bagus,” ujar Rudy saat meninjau langsung Desa Wisata di Kampung Cikacang Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Garut, akhir pekan lalu.

Dikutip dari laman jabarprov.go.id, dalam kunjungannya itu Rudy mengatakan, desa wisata tersebut hadir atas prakarsa masyarakat Kampung Cikacang. Masyarakat termotivasi dan ingin lingkungannya nyaman sekaligus sebagai bagian dari realisasi program desa wisata di Zwitsers van Java.

Sementara itu, terkait kriteria menjadi desa wisata, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Ma’mun turut menjelaskan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika sebuah desa bertransformasi menjadi desa wisata. Kriteria tersebut antara lain daya tarik wisata, fasilitas pondok wisata (homestay), dan aktivitas budaya yang ditawarkan kepada wisatawan.

Silakan baca: Desa Wisata Perkuat Atraksi Melalui Storynomic Tourism

Silakan baca: Digitalisasi Penting Bagi Pelaku Ekraf di Desa Wisata

“Kriteria desa wisata, pertama harus memiliki daya tarik wisata alam dan budaya. Kedua, memiliki fasilitas akomodasi homestay atau rumah penduduk yang sebagian kamarnya disewakan kepada wisatawan. Ketiga, memiliki aktivitas budaya yang dijual kepada wisatawan dalam bentuk paket wisata,” tutur Ma’mun.

Misalnya, masih kata dia, ada paket membajak sawah, paket membuat kuliner, paket menari, paket memainkan alat musik. Yang menjadi catatan, semua paket tersebut memang sehari-hari dilakukan oleh masyarakat di desa tersebut.

Ma’mun juga mengatakan, jika sebuah desa hanya mengelola sebuah air terjun, situ atau lainnya, itu baru dikatakan daya tarik wisata dan belum dibilang sebagai desa wisata.

Di Kabupaten Garut saat ini ada 10 desa wisata yang sudah aktif beroperasi. Sementara 30 desa sedang merintis untuk bertransformasi menjadi sebuah desa wisata. Salah satu desa wisata maju adalah Desa Wisata Kampung Ciburial. *