Bukit Panenjoan, Spot Keren Hunting Foto Panorama Hijau

bukit panenjoan
Pengunjung menikmati panorama dan memotret di Bukit Panenjoan Kabupaten Purwakarta, beberapa waktu lalu. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Bicara spot keren buat hunting foto panorama hijau di Jawa Barat memang banyak. Salah satunya di Bukit Panenjoan.

Sejauh ini memang ada satu lagi spot pemandangan indah dengan nama yang sama. Yaitu, Panenjoan di Taman Bumi Ciletuh-Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Akan tetapi, tunggu dulu. Bukit Panenjoan yang ini terletak di Kampung Cinangka Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.

Lantas, apa yang bisa dinikmati di lokasi ini?

Paling tidak ada dua alternatif rute umum untuk tiba di sana. Yaitu, via kota Purwakarta jika berangkat dari Jakarta atau melalui Wanayasa jika datang dari arah Subang atau Lembang. Tak perlu khawatir, kedua rute ini tergolong baik sehingga dapat menggunakan kendaraan roda empat. Andaikata lancar, waktu perjalanan yang diperlukan dari Wanayasa ke Bukit Panenjoan sekira 30 menit.

Setelah tiba dari gerbang masuk atau tempat parkir, perjalanan mesti diteruskan dengan berjalan kaki sekira 200 meter. Sebabnya, destinasi wisata ini berada di area perkebunan teh dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Bukit Panenjoan Purwakarta mulai dibuka akhir tahun 2016, menjelang pergantian tahun baru. Dalam bahasa Sunda, panénjoan punya arti tempat memandang. Maka sesuai namanya, bukit ini menjadi tempat memandang sekaligus menikmati panorama dari ketinggian. Dari bukit inilah terlihat lembah layaknya permadani hijau raksasa. Sementara di kejauhan, Gunung Parang, Gunung Sangga Buana dan beberapa gunung lainnya terlihat menakjubkan.

Untuk memanjakan pengunjung, pengelola menyediakan tempat berupa balkon atau teras pandang dan jembatan dari bambu. Jika diamati, jalur tersebut dirancang naik-turun mengikuti kemiringan kontur bukit. Namun, dibuat satu arah dan tidak terlalu panjang. Tak diragukan lagi, ini adalah tempat bersantai menikmati panorama sekaligus spot untuk hunting foto terbaik dan instagramable. *

Tiket masuk:

Dewasa Rp 5.000/ orang

Anak-anak Rp 3.000/ orang

Parkir:

Sepeda motor Rp 3.000

Mobil Rp 5.000

Jam kunjungan:

Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Silakan baca:

Situ Cileunca, Panorama Romantis yang Memanjakan Mata