Buah Kurma untuk Buka Puasa, Ini 5 Manfaatnya!

berbuka puasa buah kurma
Buah kurma dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Kurma merupakan buah dari pohon kurma yang banyak tumbuh di daerah tropis di dunia khususnya Timur Tengah. Buah kurma sangat populer di bulan Ramadan sebagai makanan untuk berbuka puasa dan musim haji.

Manfaat buah kurma memang tak diragukan lagi. Bahkan, berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma dianjurkan Nabi Muhammad saw. Diriwayatkan Abu Dawud, Anas ra berkata:

“Rasulullah saw biasa berbuka dengan beberapa buah kurma basah sebelum mengerjakan salat. Jika tidak ada, maka beliau berbuka dengan kurma kering. Jika tidak ada juga, maka beliau berbuka dengan beberapa teguk air.”

Dikutip dari healthline, berikut ini manfaat buah kurma untuk kesehatan:

1. Sangat bergizi

Kurma punya profil nutrisi yang sangat baik dan antioksidan yang tinggi. Karena dikeringkan, kandungan kalorinya lebih tinggi ketimbang kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah kering lainnya seperti kismis.

Dalam setiap 3,5 ons (100 gram) menyediakan nutrisi: kalori 277, karbohidrat 75 gram, serat 7 gram, protein 2 gram, kalium 20% dari RDI (asupan harian), magnesium 14% dari RDI, tembaga 18% dari RDI. Mangan 15% dari RDI, besi 5% dari RDI, dan vitamin B6 12% dri RDI.

Silakan baca: Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Sahih

2. Tinggi serat

Hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, kurma termasuk makanan yang baik untuk meningkatkan asupan serat Anda. Serat dapat mencegah sembelit dalam pencernaan dan membantu buang air besar secara teratur.

3. Tinggi antioksidan penangkal penyakit

Antioksidan dalam kurma membantu melindungi sel Anda dari radikal bebas. Selain itu, buah ini membantu menurunkan risiko terhadap beberapa penyakit.

4. Pemanis alami yang baik

Kurma merupakan sumber fruktosa yakni jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Oleh karena itu, kurma sangat manis dan punya rasa seperti karamel yang halus. Buah ini adalah pengganti yang sehat untuk gula putih karena nutrisi, serat dan antioksidan yang dikandungnya.

5. Baik untuk diet

Kurma dikenal sebagai buah serbaguna dan bisa menjadi camilan yang lezat. Buah ini sering disajikan dengan makanan populer lainnya seperti almond, selai kacang dan keju lunak. *

Silakan baca: Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah untuk Berbuka

Silakan baca: Jadwal Salat dan Puasa Ramadan 1442 H Kota Bandung