Buah Belimbing, Apakah Baik untuk Anda?

buah belimbing
Buah belimbing sehat dan lezat. (dok. healthline.com).*

 

BandungKlik – Buah belimbing adalah buah kaya manfaat yang punya bentuk unik yakni bintang lima titik. Kulit buah ini bisa dikonsumsi dan dagingnya punya rasa asam manis yang ringan yang membuatnya populer di sejumlah hidangan.

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur bisa jadi berulang jika Anda tidak mencoba buah ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Mari simak apakah buah belimbing baik untuk Anda?

Fakta nutrisi buah belimbing

Dikutip dari healthline, belimbing merupakan buah rendah kalori sekaligus sumber nutrisi terutama serat dan vitamin C. Untuk buah ukuran sedang (91 gram) kandungannya terdiri dari: serat 3 gram dan protein 1 gram. Selain itu, vitamin C 52% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), vitamin B5 4% dari AKG, dan folat 3% dari AKG. Kandungan lainnya adalah tembaga 6% dari AKG, kalium 3% dari AKG dan magnesium 2% dari AKG. Pilihlah buah belimbing yang berwarna kuning agak hijau.

Buah belimbing sarat akan senyawa tanaman yang sehat

Buah tropis ini mengandung zat lain yang membuatnya semakin sehat. Ini adalah sumber senyawa tanaman yang sangat baik termasuk quercetin, asam galat, dan epikatekin. Senyawa ini mengandung antioksidan yang kuat dan sejumlah manfaat kesehatan.

Keamanan dan efek samping

Bagi sebagian orang buah belimbing dapat berdampak buruk karena kandungan oksalatnya yang tinggi. Oleh karena itu, para penderita gangguan ginjal sebaiknya menghindari buah belimbing dan sari buahnya. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

Bagi penderita masalah ginjal, banyak makan buah belimbing dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tak hanya itu, toksisitas buah belimbing dapat menyebabkan masalah neurologis seperti kebingungan dan kejang.

Meski demikian, bagi kebanyakan orang buah belimbing adalah makanan tambahan yang kaya manfaat, sehat dan lezat. *

Silakan baca:

Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji