BSM+ Diperbarui, Peta Kota Bandung Jangkau hingga RT

aplikasi bsm plus bsm+
Aplikasi BSM+ versi terbaru peta Kota Bandung. (humas.bandung.go.id).*

 

BandungKlik – Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung memperbarui peta di Bandung Smart Map Plus atau BSM+. Dalam versi terbaru, peta tematik kian lengkap, bahkan tersedia detail batas administrasi wilayah hingga tingkat RT.

Tak hanya itu, jumlah RT dan RW di Kota Bandung juga bisa terpantau termasuk delineasi batas petanya.

“Saya pikir baru Kota Bandung yang memiliki peta batasan administrasi sampai ke detail tingkat RT dan RW,” kata Deni Pathudin, dikutip dari laman humas.bandung.go.id, Sabtu (6/11/2021).

Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan Distaru Kota Bandung itu mengatakan, proses pemetaan tersebut dilakukan mulai 2017 dan selesai tahun ini. Dalam aplikasi BSM+, kata dia, juga tersedia peta tiga dimensi untuk bangunan di Kota Bandung. Model tiga dimensi tersebut akan memberikan manfaat besar dalam menentukan kebijakan spasial maupun menjadi bahan rujukan lainnya.

Lebih lanjut Deni mengatakan, pada 2016 sudah dibuat peta dasar Kota Bandung dengan skala 1:1.000 yang diambil dari pemotretan udara. Hasilnya terus diperbarui sampai sekarang memiliki detail peta sebesar 10 centimeter.

Salah satu kelebihan BSM+ adalah sudah dilengkapi dengan sejumlah peta tematik. Informasi dari peta tematik tersebut dapat di-overlay-kan untuk analisis spasial pengambil keputusan.

“Plusnya kita sudah input beberapa informasi tematik. Salah satunya garis rencana kota, peruntukan lahan, distribusi jaringan PDAM, sebaran sekolah, rumah sakit, dan beberapa peta tematik lainnya,” kata Deni.

Aplikasi BSM+ ini berbasis website sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses segala informasinya melalui laman bsm.bandung.go.id. Saat ini, aplikasi peta tersebut sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi penataan ruang (si Petruk). Dengan begitu, bisa diakses melalui dua cara, yakni melalui si Petruk dan portal website. *

Silakan baca:

Kota Bandung Ternyata Lebih Luas dari Enam Negara Ini

Produk Kota Bandung Siap Tembus Pasar Hong Kong