BandungKlik – BMW 330e M Sport bakal digunakan sebagai mobil keselamatan (safety car) di area sirkuit kejuaraan MotoGP Indonesia 2022.

Kehadiran mobil tersebut buah kerja sama dan kolaborasi BMW Indonesia dengan promotor Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk seri kedua MotoGP 2022.

“BMW Indonesia dengan bangga kembali menjadi Official Mobility Partner untuk Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Menyambung kolaborasi yang terjalin sangat baik dengan MGPA,” ujar Vice President Sales and Network Development BMW Indonesia Bayu Rianto.

Dikutip dari akun resmi @themandalikagp, Sabtu (19/3/2022), mobil tersebut sudah digunakan dalam tes MotoGP bulan lalu. Mobil luks ini terbukti ideal untuk mengawal para pembalap MotoGP.

Salah satu karakteristik progresif BMW 330e M Sport ini adalah hadirkan DNA sporty BMW efisiensi luar biasa dan tanpa emisi lokal.

BMW 330e M Sport dibekali dengan BMW eDrive technology sekaligus kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kombinasi mesin bensin 2.oL dan motor elektrik mampu menghasilkan tenaga hingga 252 hp dan torsi 420 Nm.

Sebagai mobil keselamatan MGPA untuk MotoGP Indonesia, BMW 330e M Sport menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo. Ini merupakan produk unggulan Pertamina dengan RON tertinggi 98 yang memenuhi kebutuhan kendaraan sport dengan teknologi tinggi.

Pihak Dorna Sports, pemegang hak komersial MotoGP, juga membawa mobil keselamatan yang diterbangkan dari Doha, Qatar. Mobil tersebut akan berkeliling ke seluruh sirkuit di dunia, termasuk di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Fungsi safety car

Selain menjadi tanda balapan akan dimulai, safety car juga menjalankan fungsinya untuk mengecek kondisi sirkuit. Pengecekan yang dilakukan antara lain untuk memastikan apakah ada oli yang tercecer di lintasan atau benda lain yang berpotensi membahayakan pembalap.

Di dalam kendaraan tersebut bakal ada pengemudi dan navigator yang terhubung langsung dengan race direction guna  melaporkan kondisi sirkuit.

Ketika putaran pertama berlangsung, mobil keselamatan akan mengikuti jalannya balapan karena lap pertama dinilai cukup krusial dan rentan terjadi insiden. Setelah pembalap melewati putaran pertama barula safety car kembali ke pit. *

Silakan baca: 

Jelang GP Indonesia, Ini Bedanya Moto3, Moto2 & MotoGP

Selain Marc Marquez, Inilah Pembalap MotoGP 2022