BandungKlik – Black Canyon di Pekalongan merupakan sebutan populer bagi objek wisata Kedung Sipingit Petungkriyono. Destinasi tersebut, kini menjadi salah satu daya tarik wisata Pekalongan, Jawa Tengah yang tengah naik daun.

Kesan angker yang pernah melekat pada aliran Sungai Welo Petungkriyono ini pun kian menghilang. Bahkan banyak pengunjung yang terpukau dengan kejernihan air sungainya, sehingga tak sedikit pula, pengunjung yang berenang dan bermain air.

Aliran air yang jernih itu semakin tampak indah karena dihiasi dinding bebatuan hitam pekat di sepanjang sisi sungai. Hal inilah yang membuat sebutan Black Canyon lahir.

Mengutip dari laman visitjawatengah, menurut pengelola Pokdarwis Putra Wiguna Black Canyon Rojiin, dinamakan Kedung Sipingit karena memang dulu ada kesan ‘singit’. Dalam bahasa Indonesia berarti angker.

“Namun para pemuda berusaha untuk mengenalkan Kedung Sipingit ini dengan branding yang kekinian. Dan Alhamdulillah respon masyarakat sangat bagus,” ungkanya.

Akhirnya berkat kreativitas para pemuda tersebut, Black Canyon di Pekalongan ini menjadi viral dan sohor setelah dikenalkan lewat media sosial. Dari situ, destinasi ini semakin ramai pengunjung.

Nuansa hutan Petungkriyono di sepanjang aliran sungai dan pemandangan hamparan persawahan, menambah pesona Kedung Sipingit. Tempat ini pun banyak menjadi tujuan kegiatan camping.

Silakan baca: Bermain Body Rafting, Refreshing Hilangkan Penat

Untuk menikmati semua keindahan Black Canyon, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau. Bagi yang ingin berenang dan bermain air, pengelola pun menyediakan penyewaan jaket pelampung.

Jika ingin lebih memacu adrenalin, wisatawan bisa mencoba menikmati body rafting. Fasilitasnya sudah disediakan pengelola.*