BIJB Kembali Layani Penerbangan Kargo Tujuan Batam

bijb
Bandara Internasional Jawa Barat. (dok. jabarprov.go.id).*

 

BandungKlik – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) kembali melayani angkutan penerbangan kargo tujuan Batam. Menurut rencana, penerbangan pertamanya akan dioperasionalisasikan pada 23 Februari 2021.

Maskapai Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan kargo pertama yang bakal terbang dari bandara di Kabupaten Majalengka tersebut. Kabarnya, pesawat yang digunakan merupakan pesawat barang. Akan tetapi, dari BIJB sebetulnya pengiriman kargo sudah berjalan dengan menggunakan pesawat penumpang. Seperti disampaikan Dirut BIJB Salahudin Rafi yang dikutip dari laman jabarprov.go.id.

“Sebenarnya kami juga sudah melaksanakan pengiriman kargo. Namun, dengan pesawat penumpang. Jadi, mengikuti rute pesawat yang ada. Tujuannya antara lain Kualanamu dan Padang. Besok adalah pesawat kargo carteran,” tutur Salahudin, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, pada Selasa (23/2/2021), pesawat kargo Garuda akan mengangkut barang sebesar 10 ton. Pesawat tersebut sudah dicarter oleh PT KSB yakni perusahaan lokal asal Jawa Barat. Katanya, barang yang diangkut adalah milik para pengusaha yang terhimpun dalam Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia (Asperindo Jabar).

Salahudin mengatakan, pengiriman kargo menjadi salah satu upaya untuk meramaikan kembali bandara yang sepi lantaran pandemi Covid-19. Dengan dibukanya kembali penerbangan diharapkan pemulihan ekonomi di Jawa Barat bisa berjalan lagi.

“Jika berjalan, maka akan ada pekerja lagi, warung kembali buka. Dampaknya akan luas,” ujarnya.

Meskipun demikian, diakuinya aksesibilitas menuju BIJB menjadi persoalan krusial saat ini.

Kabar baiknya, pembangunan tol Cisumwadu terus dikebut sehingga akhir tahun 2021 diharapkan rampung dan tersambung dengan tol Cipali.

Sembari menunggu, katanya, BIJB bakal terus melakukan pembenahan termasuk menyiapkan pembangunan Aerocity dan Cargo Village.

Sementara itu, pihak Garuda Indonesia mengatakan, penerbangan kargo dari BIJB menuju Batam nantinya bakal beroperasi seminggu sekali. *

Silakan baca:

Sepekan Ditutup, Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka