BandungKlik – Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan beberapa sunah bagi umat Muslim sebelum melaksanakan salat Idulfitri. Apa saja?

Bilamana pelaksanaan ibadah mengikuti apa yang dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ tentu kita akan memperoleh pahala di sisi Allah. Buya Yahya—Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon—menyampaikan, ada sembilan sunah yang bisa dilakukan sebelum salat Idulfitri.

Dikutip dari akun Instagram @buyayahya_albahjah, berikut poin-poinnya.

1. Mandi

Umat Muslim disunahkan mandi sebelum berangkat untuk menunaikan salat Idulfitri, baik salat di masjid maupun tanah lapang.

2. Berpakaian bersih

Menunaikan salat Idulfitri tidak harus mengenakan pakaian baru. Namun, gunakanlah pakaian yang rapi dan bersih atau pakaian terbaik yang kita punya.

3. Memakai wewangian

Pria Muslim disunahkan memakai wewangian saat hendak menunaikan salat.

4. Makan

Ini aktivitas penting yang sebaiknya dilakukan sebelum salat Idulfitri, yaitu makan atau minum. Minimal kita makan atau minum sekadar untuk membatalkan saum. Misalnya, mengonsumsi kurma atau meminum seteguk air. Jadi, sebelum salat Idulfitri kita sudah tidak sedang berpuasa.

5. Jalan berbeda

Pilihlah jalan yang berbeda antara saat berangkat dan saat pulang setelah salat Idulfitri.

6. Jalan kaki

Seyogiyanya umat Muslim berangkat menuju tempat salat Idulfitri dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan bisa sambil mengumandangkan takbir di dalam hati atau melafalkannya tidak terlalu keras.

7. Makmum

Bagi makmum disunahkan salat tahiyatul masjid jika salat Idulfitri di masjid.

8. Imam

Bagi imam disunahkan langsung salat Idulfitri dan tidak melakukan salat tahiyatul masjid.

9. Mendengarkan khotbah

Sunah selanjutnya adalah mendengarkan khotbah. Saat khotib berkhotbah, jemaah hendaknya mendengarkan dan menyimak khotbah serta tidak berkata-kata apalagi merokok. *

 

Silakan baca:

10 Rangkaian Kata Mutiara Ucapan Idulfitri

Ucapan dan Doa Sahabat Nabi Saat Idulfitri

 

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian). Selamat Hari Raya Iduifitri 1443 Hijriah.” –Redaksi Bandung Klik–