BandungKlik – Dua grup band asal kota Bandung, Beside dan Rosemary merayakan 26 tahun perjalanan karier band mereka dengan menggelar konser bersama bertajuk “26 Years and Still Blessed”. Pada Sabtu, (16/12/2023), di Exotica Panama Coffee, Gedung Bragasky 1957, Jalan Suniaraja No.5, Kota Bandung.

Konser bareng tersebut, digelar secara mandiri oleh kedua band. Dipersembahkan buat para penggemar yang sudah lama merindukan aksi panggung mereka. Selain itu, konser ini pun merupakan titik awal dari project kolaborasi yang akan dilakukan di tahun 2024.

“Kita memang lagi bikin project bareng. Dan kebetulan kalau dilihat dari tahun dibentuknya Beside dan Rosemary berdiri di tahun 1997. Berarti sudah sama-sama 26 tahun,” ujar Drummer Beside, Beby, sebelum manggung.

Selanjutnya, Beby juga menceritakan sedikit soal rencananya membuat karya musik kolaborasi bersama Rosemary.

“Susah sebetulnya bikin karya kolaborasi bareng Rosemary, Beside alirannya metal, sementara Rosemary basicnya punk. Tapi kita lihat saja nanti, yang jelas ada kejutan dari kolaborasi kami,” ungkapnya.

Kemudian, Bassis Rosemary, Fajar menuturkan, di tahun 2024, Beside dan Rosemary berencana melakukan tour di Jepang.

Silakan baca: Cupumanik Band Gelar Intimate Concert untuk Obati Rasa Rindu Penggemar

“Rencananya lebih dari 8 titik dari Fukuoka sampai ke Tokyo. Detailnya belum bisa kita share dulu, masih proses. Tapi yang jelas Januari 2024 kita mulai start buat tour invasi ke sana Jepang,” terangnya.

Perjalanan 26 Tahun
Beside & Rosemary
Aksi Panggung Rosemary. (BandungKlik/Iwan)

Untuk diketahui, 26 tahun bukanlah perjalanan yang singkat, baik untuk Beside dan Rosemary. Mereka mampu melewati perjalanan yang panjang. Meski harus mengalami pergantian personel, mereka tetap melahirkan banyak karya-karya terbaik bagi blantika musik di Indonesia.

Band ini juga termasuk grup musik yang memiliki basis penggemar yang cukup kuat. Seperti Exterminator yang merupakan penggemar Beside. Serta WARS (We Are Skatepunkers), sebutan bagi penggemar Rosemary.

Pastinya, konser 26 tahun Beside dan Rosemary menjadi penutup tahun 2023 yang sangat apik dan menarik. Selain kolaborasi dua genre musik yang memiliki perbedaan cukup jauh, Beside dan Rosemary juga menyuguhkan sebuah susunan konser musik yang tidak biasa.

Konser  ‘26 Years and Still Blessed’, menjadi momentum istimewa karena mencerminkan perjalanan musik metal dan punk 90-an hingga sekarang. Boleh dikatakan, dua band ini telah menjadi pionir dalam pergerakan musik metal dan punk di Indonesia.

Selama dua dekade lebih, Beside dan Rosemary telah menghadirkan karya-karya yang inovatif dan menginspirasi. Serta mengukir sejarah musik Indonesia dengan gaya unik mereka.

Berlangsungnya konser “26 Years and Still Blessed” juga menjadi perayaan dari kesuksesan dan ketekunan kedua band ini dalam industri musik. Juga menjadi penghormatan kepada para penggemar setia, khususnya Exterminator dan WARS yang telah mendukung perjalanan mereka.

Silakan baca: Berwisata Sambil Berburu Kuliner Murah di Teras Braga

Sementara itu, Aryo Wicaksono selaku Business Development Consultant, Rukola Creative, yang juga mengelola Exotica Panama Coffee menyampaikan keterbukaannya. Pihaknya terbuka bagi siapa saja yang akan bekerja sama dan menggelar konser musik di tempatnya.

“Gedung Bragasky 1957 selain merupakan restoran, juga biasa dipakai konser musik. Terakhir Burgerkill memakai tempat kami, dan ke depan akan ada acara fashion show dan Live DJ,” ujarnya.*