Berwisata Sambil Berburu Kuliner Murah di Teras Braga

Teras Braga
Kios-kios kuliner di Teras Braga. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

 

BandungKlik – Kawasan Braga memang sohor sejak dulu sebagai tujuan wisata kota Bandung. Di sana terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi wisatawan. Mulai dari bangunan heritage hingga kuliner legendaris. Yang terbaru, hadir Teras Braga sebagai bagian dari Kampung Kreatif Braga.

Teras Braga berada di atas lorong Gang Cikapundung, pemukiman RW 08, Kelurahan Braga. Tempat ini masih terbilang baru, diresmikan pada akhir tahun 2020. Keberadaannya diharapkan bisa menjadi salah satu ikon destinasi wisata kekinian yang ada di Kawasan Kampung Wisata Braga.

Dengan luas area 25×5 meter, tempat tersebut diisi sekitar 14 kios kuliner dengan harga terbilang murah, namun rasanya tak murahan. Seluruh tenant ini merupakan usaha warga sekitar. Beragam menu makanan berat seperti nasi kuning, timbel, ayam goreng, soto, hingga kudapan ringan kekinian seperti dimsum dan seblak dapat ditemukan di sana.

Pengunjung juga bisa memilih aneka kuliner kekinian serta berbagai jenis minuman dengan harga kaki lima. Biasanya, Teras Braga ramai dikunjungi saat siang hari atau saat orang-orang berburu  makan siang.

Selain sebagai tempat berburu kuliner murah, Teras Braga pun bisa dijadikan sebagai spot nongkrong hingga bekerja atau mengerjakan tugas. Di situ cukup banyak banyak port pengisi daya baterai smartphone atau laptop yang bisa digunakan pengunjung.

Desain area semi-outdoor menjadi daya tarik destinasi ini. Tempatnya memungkinkan pengunjung untuk makan atau bekerja sembari memandang keramaian Jalan Braga dari ketinggian.

Tersedia pula pojok isi ulang air minum yang dapat diakses warga secara gratis. Air minum didapat melalui teknologi filstrasi ‘Micro Filtration System’ sehingga pengunjung leluasa mengisi air mineral bila membutuhkan.

Silakan baca:

Jalan-jalan di Kampung Wisata Kreatif Braga

Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Kehadiran Teras Braga tentunya sangat membantu para pelaku usaha dan masyarakat sekitar. Dulunya tempat ini dikenal kotor, namun kini telah berubah menjadi kawasan yang bersih dan nyaman dikunjungi.

Pada bagian bawah Teras Braga, juga dihias dengan galeri beraneka ragam lukisan yang berjejer di sepanjang lorong menuju pemukiman. Pengunjung dapat menikmati keindahan lukisan-lukisan tersebut sembari berswafoto, atau turut mengapresiasi karya warga dengan membeli yang disukai.

Kawasan ini pun dilengkapi fasilitas umum seperti toilet. Jadi wisatawan tak perlu khawatir, tak jauh dari area lukisan terdapat toilet umum dengan kebersihan yang baik. Tempat mencuci tangan dengan sabun untuk menjaga protokol kesehatan selama pandemi pun tersedia di area makan maupun toilet.

Teras Braga sendiri termasuk salah satu destinasi wisata prioritas di Kota Bandung yang tergabung dalam Kampung Wisata Kreatif Braga. Ke depannya, diharapkan bisa membantu kawasan Braga menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang semakin banyak dikunjungi wisatawan.*

  

Sumber: disbudpar.bandung