BANDUNGKLIK – Berwisata ke Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), wisatawan tak hanya bisa menikmati deretan pantai yang indah. Namun kalian juga jangan lewatkan berkunjung ke sejumlah objek wisata air terjunnya, seperti Air Terjun Luweng Sampang.

Begitu tiba di lokasi air terjun ini ini, wisata akan dibuat terkagum-kagum dengan pesona keindahannya. Tampak aliran air terjun yang diapit tebing batuan cadas yang indah karena memiliki ukiran garis-garis alami. Ukiran garis-garis alami yang eksotis ini pun terbentuk secara alami akibat erosi air.

Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul ini terlihat sangat kontras dengan air yang biru bening. Saking memesona dan indahnya penampilan air terjun ini membuat masyarakat setempat menjulukinya sebagai Green Canyon-nya Indonesia.

Keunikan lain dari air terjun ini, yaitu warna air pada kolam jatuhannya yang bisa berubah warna. Air akan berwarna kecoklatan saat musim penghujan karena debit air yang tinggi disertai material hujan. Namun lebih cantik saat musim kemarau, air akan berwarna biru tosca dan jernih.

Silakan baca: Terpesona Keindahan Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Selain pesona air terjunnya, wisatawan pun semakin nyaman dengan suasana dan pemandangan alam sekitarnya. Begitu asri dan tenang dengan deretan pepohonan, sehingga menghasilkan hawa yang sejuk. Cocok banget sebagai tempat untuk healing atau merelaksasi tubuh dan pikiran yang penat akibat rutinitas sehari-hari.

Arti Nama & Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Nama Luweng Sampang sendiri diambil dari Bahasa Jawa. Yaitu “Luweng” yang berarti lubang dan “Sampang” adalah lokasi di mana air terjun ini berada yakni Desa Sampang. Jadi dapat diartikan lubang di Sampang.

Objek wisata air terjun ini berlokasi di Juminahan, Kayen, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat wisata alam yang satu ini perlu trackking menggunakan tangga. Jadi tidak perlu trackking dengan medan yang sulit.

Silakan baca: Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta

Kalau ingin berkunjung ke objek wisata air terjun di Gunungkidul ini dengan air yang melimpah, disarankan untuk datang ketika musim penghujan. Tetapi jika ingin lebih memesona dengan air di kolam jatuhan berwarna biru tosca, datanglah saat musim kemarau.*