Bersuka Ria di Wahana Rekreasi Air Cirebon Waterland

Cirebon Waterland
Kawasan Wisata Cirebon Waterland. (dok. Cirebon Waterland)

 

BandungKlik – Liburan dengan suasana tenang jauh dari keramaian dan bersuka ria bersama keluarga, menjadi impian semua orang. Apalagi ditambah suasana panorama laut, makin seru. Nah itu semua bisa didapatkan saat berwisata ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Sesuai namanya, destinasi ini menyuguhkan atraksi wisata air dengan konsep adventure. Dulu, destinasi yang berlokasi di tepi pantai utara Cirebon ini, merupakan taman biasa yang sudah ada sejak era 60-an. Dikenal dengan nama Taman Traffic Cirebon dan menjadi satu-satunya tempat rekreasi di Kota Cirebon kala itu.

Barulah pada 2014, area ini dikembangkan menjadi Cirebon Waterland. Beralamat di Jalan Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Setelah diresmikan pada 1 Juli 2015, wajah Cirebon Waterland lebih segar dan dilengkapi fasilitas lebih menarik untuk dikunjungi. Dengan tetap menyandang nama lamanya, Ade Irma Suryani Waterpark.

Di sana wisatawan bisa menjajal beragam wahana permainan air yang menghibur. Baik untuk anak maupun dewasa, jadi sangat tepat sebagai tujuan wisata keluarga. Jika merasa betah dan ingin bermalam, di situ juga tersedia panginapan dengan panorama keindahan laut.

Silakan baca:

Mengenal Sejarah Cirebon dari Keraton Kasepuhan

Sitiwinangun, Desa Wisata Penghasil Gerabah

Terdapat pula tiga kolam renang, yaitu waterboom anak-anak, kolam berarus untuk segala umur, dan kolam renang olimpic untuk orang dewasa. Uniknya, kolam tersebut dilengkapi dengan pasir putih seperti di pesisir pantai.

Sementara fasilitas penginapan berupa cottage bernama Seaview Cottage. Berjumlah 18 cottage bergaya arsitektur Rumah Adat Minang yang dibangun di atas air. Ada tiga tipe cottage, diantaranya tipe Full View Cottage,  Review Cottage, dan Suite Family Cottage. Berkapasitas mulai dari dua orang hingga delapan orang.

Untuk memenuhi kebutuhan kuliner, pengunjung bisa mencoba aneka menu di Cheng Ho Restaurant yang ada di kawasan Cirebon Waterland. Restoran dengan bentuk bangunan menyerupai Kapal Pinisi, sangat cantik untuk titik swafoto. Fasilitas lain yang tersedia, ada mini coaster, area playground, penyewaan ATV, dan lainnya.

Silakan baca:  

Empal Gentong Khas Cirebon, Ini Nilai Filosofisnya

Teras Cikapundung, Wisata Edukasi di Bandung

Lokasi Cirebon Waterland mudah diakses. Wisatawan bisa menggunakan rute via Tol Cipali jika datang dari arah Jakarta atau Bandung, lalu keluar di gerbang tol Palimanan Cirebon. Dari situ lanjutkan perjalanan ke Jalan Panglima Sudirman atau pun Jalan Raya Arya Winangun Palimanan. Sedangkan bagi Anda dari arah Jawa Tengah bisa menggunakan rute Jalur Pantura.*