Bermain Body Rafting, Refreshing Hilangkan Penat

body rafting citumang
Sejumlah wisatawan bermain body rafting di Citumang Kabupaten Pangandaran, beberapa waktu lalu. (Irwan Akhmad/Bandung Klik). *

 

BandungKlik – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penat di tengah rutinitas padat. Salah satunya dengan bermain body rafting.

Untuk menikmati sensasi petualangannya, banyak pula tempat yang bisa dikunjungi. Sungai Citumang di Kabupaten Pangandaran bisa menjadi opsi untuk wisata minat khusus tersebut. Lokasi ini tercatat sebagai salah satu destinasi unggulan di kabupaten termuda di Jawa Barat.

Pada musim kemarau, pengunjung yang datang ke Citumang tak pernah sepi. Bahkan, aktivitas body rafting di sana semakin ramai lantaran air Sungai Citumang nampak lebih jernih.

Sepanjang Sungai Citumang, airnya jernih hijau kebiruan. Sementara sisi kanan dan kirinya pepohonan rindang yang memanjakan mata. Demikian juga dengan bebatuan dan tebingnya yang indah, menyajikan kesan eksotis.

Meskipun tergolong minat khusus tetapi body rafting di Citumang bisa dilakukan siapa saja. Wisatawan yang tidak bisa berenang pun tak masalah termasuk anak-anak yang berusia minimal dua tahun.

Pemandu wisata di Citumang Abdul Rohman mengatakan, aktivitas air ini hanya menggunakan jaket pelampung. “Tidak perlu mempunyai keahlian khusus bagi wisatawan yang ingin body rafting. Semuanya dilakukan hanya dengan berjalan dan terbawa arus. Kegiatan air ini bisa dilakukan berbagai usia,” tutur Rohman, beberapa waktu lalu.

Kata dia, di Citumang ada sejumlah lokasi menantang yang menambah aktivitas wisata sungai ini makin seru. “Jika berani, kami akan mendampingi wisatawan menyusuri tepian sungai, menaiki tepian gua dengan pijakan akar-akar pohon yang menjalar,” ujarnya.

“Bagi yang ingin menguji keberanian bisa mencoba naik dan terjun bebas dari ketinggian sekitar tujuh meter,” katanya mengimbuhkan. Namun, meloncat dari atas pohon tersebut tidak direkomendasikan bagi anak kecil.

Wisatawan asal Bandung, Eva Tania mengatakan, body rafting di Citumang menyuguhkan keindahan alam dan petualangan. “Sekarang saya datang ke sini sama keluarga. Ini pertama kali bermain body rafting. Sebetulnya sih gak bisa renang. Ya buat refreshing lah, menghilangkan penat,” ucapnya. *

Silakan baca:

Curug Cipamingkis, Nirwana Tersembunyi di Bogor