BandungKlik – Ketika liburan di Bali, wisatawan bisa sekali-kali mampir ke berbagai Pura  di sana yang memiliki pesona yang indah sebagai alternatif tujuan wisata. Salah satunya, kalian bisa mengunjungi Pura Taman Ayun di Kabupaten Badung yang indah dan asri.

Lokasi pura ini berada di Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak 31 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai atau dapat ditempuh sekira 60 menit berkendara.

Taman Ayun yang berarti taman indah ini didirikan sejak zaman kerajaan. Tepatnya dibangun pada tahun 1634 oleh raja pertama Kerajaan Mengwi, I Gusti Ngurah Agung Sakti atau Tjokorda Blambangan.

Pura Taman Ayun Badung ini merupakan sumber irigasi, Pura Induk, dan pemersatu masyarakat. Fungsi irigasi dapat wisatawan lihat dari adanya genangan air yang mengelilingi candi. Genangan ini digunakan petani untuk mengairi persawahan di sekitar candi.

Kemudian sebagai Pura induk/ibu dan fungsi pemersatu, dapat terlihat dengan keberadaan pura sebagai tempat peribadahan bagi masyarakat yang memiliki garis keturunan yang sama. Sehingga berfungsi untuk mempersatukan mereka sebagai satu keluarga besar.

Silakan baca: Upacara Mekotek, Tradisi Tolak Bala di Kabupaten Badung

Melihat sejarah berdirinya dan fungsinya, boleh dikatakan kalau Pura Taman Ayun merupakan perpaduan antara keindahan alam dan mata air. Hal ini tek lepas dari keahlian Raja Tjokorda Way Blambangan yang berhasil mengintegrasikan menjadi tempat yang indah.

Sekaligus membangun sistem irigasi untuk kemakmuran rakyatnya. Harmoni yang sempurna antara manusia dan alam tersebut harus dipertahankan oleh semua generasi.

Konsep Pura Taman Ayun Bali

Objek wisata budaya dan religi ini dibuat dengan konsep taman tradisional Bali yang dikelilingi sungai buatan dengan berbagai jenis tumbuhan langka khas Pulau Dewata. Keindahan bentang alam berpadu dengan bangunan suci Meru Tumpang Solas.

Meru Tumpang Solas sendiri merupakan bangunan beratap ijuk sebagai material dan meru paling bergengsi berisi 11 tingkatan. Meru melambangkan istana yang diyakini sebagai tempat suci para Dewa.

Silakan baca: Tamasya ke Pantai Pandawa Bali yang Memesona

Berbekal panorama taman air dan sekitarnya dengan udara yang segar, membuat kawasan ini begitu indah dan cocok untuk pertunjukan atraksi spiritual, seni, dan budaya. Sehingga membawa wisatawan serasa berada di masa kejayaan Kerajaan Mengwi. Taman Ayun adalah simbol sejati dari pesona bangsawan!*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Badung