Berkreasi di Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta

Kampung Kerajinan Yogyakarta
Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta.

 

BandungKlik – Saat berlibur ke Yogyakarta, cobalah sesekali mampir ke Kampung Kerajinan Taman Pintar yang berada di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta. Kampung tersebut menawarkan sensasi liburan yang berbeda dengan mengasah kreasi.

Tak hanya pengetahuan, di sana wisatawan juga dapat membawa oleh-oleh dari hasil kreasi sendiri. Beragam bentuk kerajinan bisa dibuat oleh pengunjung di tempat itu. Mulai dari membatik, membuat gerabah, hingga lukis kaos.

Kampung Kerajinan Taman Pintar Yogyakarta terbagi menjadi tiga zona kreasi, antara lain Rumah Batik, Rumah Gerabah, dan Lukis Kaos. Di semua zona tersebut, wisatawan akan mendapatkan edukasi dan kreasi.

Zona pertama yakni Rumah Batik yang merupakan zona di mana anak-anak atau wisatawan dapat mengenal warisan berharga Bangsa Indonesia khususnya tentang batik. Di zona ini, wisatawan dan anak-anak dapat mempraktikkan membuat selembar kain batik. Mulai dari melukis kerangka desain, ngisen-ngiseni, nembo, mewarnai, dan nglorot.

Dalam waktu singkat pengunjung memperoleh selembar kain batik yang cantik. Pengunjung juga akan diberikan edukasi tentang tahapan membatik mulai dari menggambar motif batik dengan media kain dengan harga tiket masuk Rp18 ribu.

Silakan baca: 4 Hotel di Yogyakarta Tampil Unik dan Menarik

Berikutnya masuk ke Rumah Gerabah. Di situ pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp13 ribu dan akan mendapatkan 2 jenis kegiatan, yaitu membuat kerajinan gerabah dan melukisnya. Kegiatan ini aman bagi anak-anak karena menggunakan bahan lempung khusus dengan tekstur yang benar-benar aman dan halus serta mudah dibentuk.

Pengunjung baik anak-anak atau usia dewasa bisa membuat aneka bentuk gerabah, mulai dari vas bunga, asbak, dan lain-lain sesuai keinginan pengunjung. Pengunjung pun bisa membawa pulang hasil kreasi gerabah untuk menjadi kenang-kenangan.

Terakhir, yaitu zona Lukis Kaos. Di spot ini, pengunjung bisa melukis kaos dengan menggunakan media t-shirt polos sebagai dasar dari lukisan. Hasilnya juga bisa dibawa pulang oleh pengunjung sebagai koleksi.

“Dengan harga 45.000 rupiah untuk tiket masuknya pengunjung tidak hanya berekreasi tetapi bisa berkreasi dengan media kaos dalam melukis dan dapat membawa hasilnya sebagai cendera mata, “ ungkap Lukman Yoga S Analis Perencana Program Taman Pintar dikutip dari laman pariwisata.jogjakota.go.id.

Silakan baca: 5 Destinasi Belanja Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Berwisata dan mendapatkan segudang keseruan berkreasi tersebut, akan membuat wisatawan yang datang lebih berkesan dan membawa cendera mata bukan hanya barang tapi juga skill membuat kerajinan. Namun saat berkunjung ke sana, harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, ya!*

 

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Yogyakarta