Berkah Lebaran, Sawo Sukatali Sumedang Laris Manis

sawo sukatali sumedang
Penjual sawo Sukatali di Jalan Raya Sumedang – Wado Kabupaten Sumedang laris manis pada momen libur Lebaran 2021. (dok. tahu.sumedangkab.go.id).*

 

BandungKlik – Berkah Lebaran, para pedagang sawo Sukatali yang berjualan di Jalan Raya Sumedang – Wado Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang laris manis. Meski ada larangan mudik, pada momen libur Idulfitri ini mereka mengaku banyak kedatangan pembeli.

Retno, salah seorang pedagang sawo Sukatali mengatakan, momen libur Lebaran tahun ini banyak sawonya yang terjual. Lain halnya dengan tahun kemarin yang sangat sepi pembeli.

“Sawonya laris karena terjual banyak, tahun ini mah ada kemajuan. Kalau tahun kemarin mah parah, sama sekali tidak ada yang beli,” ujar Retno, dikutip dari laman tahu.sumedangkab.go.id, Jumat (20/5/2021).

Lebih rinci ia mengatakan, dirinya bisa menjual sawo antara 70 hingga 100 kg per hari. Ia menyebut pembelinya kebanyakan masyarakat yang menuju ke arah Tasikmalaya, Majalengka, dan Jatinunggal. Selain itu, ada juga yang datang dari Bandung dan Jakarta.

Kendati begitu, kata Retno, penjualan sawo Sukatali tahun ini masih rendah ketimbang sebelum wabah Covid-19 melanda. Saat itu, rata-rata penjual sawo laku keras hingga mencapai 2 kuintal per harinya.

Ia bersyukur momen Lebaran tahun ini dapat menuai berkah seraya berharap wabah virus corona segera reda.

Pedagang lainnya, Nining, mengaku omset penjualan sawo Sukatali pada momen libur Lebaran tahun ini mengalami peningkatan signifikan ketimbang tahun lalu. Dalam sehari ia mampu menjual antara 50 – 100 kg dengan harga per kg Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu tergantung jenis dan ukurannya.

“Kalau omset rata-rata Rp 750 ribu sampai Rp 1,5 juta sehari,” ujar Nining.

Keuntungan yang diperoleh para pedagang memang tak mereka bayangkan sebelumnya. Mereka mengaku awalnya merasa ragu untuk berjualan karena adanya larangan mudik dari pemerintah. Salah satu alasannya khawatir dagangannya kembali sepi seperti libur Lebaran tahun lalu.

Selain buah sawo, makanan olahan dari sawo pun banyak peminatnya. Sebut saja selai, keripik, dodol, dan wajit. *

Silakan baca: Mengunjungi Curug Gorobog di Sumedang Selatan

Silakan baca: Mengenal Benteng Pandjoenan dan Simbol Dua Kunci