Berikut Rekomendasi 6 Cendera Mata Khas Danau Toba

cendera mata Danau Toba
Kain Ulos khas Batak. (dok. indonesia.travel)

 

BandungKlik – Danau Toba di Sumatera Utara sebagai satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) memiliki pesona alam dan budaya yang indah. Serta dilengkapi ragam cendera mata khas Danau Toba yang menarik untuk dibawa pulang.

Wisatawan yang berkunjung ke sana, bisa mendapatkan cendera mata khas Danau Toba di Pasar Tomok, Pasar Siallagan, atau Siallagan Pinda Raya. Berikut ini 6 rekomendasi cendera mata khas versi indonesia.travel, yang menarik untuk dibeli di sana.

Aksesori

Aneka aksesori menjadi salah satu pilihan cendera mata yang bisa dibeli wisatawan, untuk keluarga atau teman. Aneka aksesori unik itu tersedia di toko-toko suvenir sekitar Danau Toba. Seperti gelang tenun, kalung, gantungan kunci, atau miniatur rumah Batak Toba yang punya detail keren. Harganya pun cukup terjangkau. Jadi tak perlu khawatir dan dompet bakal tetap aman.

Gorga Batak Toba

Gorga Batak Toba merupakan salah satu bentuk seni ukir atau lukis khas Batak yang bermakna tentang kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat dari ragam bentuk setiap detail ukiran di dalamnya. Pada umumnya, ukiran gorga dapat ditemukan di bagian eksterior rumah adat Batak. Keindahan dan keistimewaan gorga menjadikan karya seni yang khas ini, menjadi suvenir yang wajib dibeli kala berkunjung ke Danau Toba.

Silakan baca: Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

Hapetan

Hapetan merupakan alat musik khas Suku Batak yang unik atau disebut juga dengan hasapi. Alat musik ini terbuat dari kayu jior dan dikenal sebagai gitar Batak dengan bentuk mirip kecapi.  Hapetan sendiri berasal dari daerah Tapanuli. Alat musik tersebut kerap digunakan pada pertunjukan musik lokal atau pesta pernikahan. Bagi wisatawan yang senang bermain musik, hapetan menajdi pilihan tepat untuk cendera mata dan koleksi.

Kreasi Kain Ulos

Kain ulos sudah menjadi ikon cendera mata khas Sumatra Utara, termasuk Danau Toba. Keindahannya pun sudah diakui dunia. Tapi, selain bentuk kain ulos pada umumnya, di sana juga tersedia cendera mata hasil kreasi dari kain ulos yang cantik memesona. Diantaranya tas, ikat pinggang, dompet, sarung bantal, hingga taplak meja. Harganya juga beragam, Anda bisa menyesuaikan dengan bujet. Karena pilihannya cukup bervariasi dengan harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. 

Tunggal Panaluan

Bagi Anda yang mencari cendera mata khas Danau Toba dengan bentuk dan rupa yang tidak konvensional, bisa memilih Tunggal Panaluan. Sejenis tongkat yang terbuat dari kayu tada-tada atau jior yang diukir bertumpuk dan terdiri dari ukiran manusia, cicak, ular, dan kalajengking. Masyarakat Batak percaya tongkat ini dapat menjadi penolak bala atau musibah. Sering pula digunakan pada ritual kepercayaan Batak.

Silakan baca: Rekomendasi Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Dicoba

Piso Halasan

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Sumatera Utara, termasuk Danau Toba juga punya senjata tradisional yang terkenal, salah satunya piso halasan. Piso halasan masuk kategori pedang dengan bentuk seperti golok, tapi pedang ini bermata tunggal dan sedikit melengkung di bagian ujungnya. Sehingga hal itu menjadi pembeda sekaligus ciri khas piso halasan.*