Berikut 6 Pengembangan Fungsi Drone di Dunia

Fungsi Drone
Fungsi drone untuk pertanian seperti di Jepang. (dok. brainberries)

 

BandungKlik – Perkembangan ilmu dan teknologi kini semakin pesat, termasuk pengembangan fungsi dari drone di beberapa negara. Drone dikembangkan tidak hanya untuk pengambilan foto atau video, namun juga untuk membantu kehidupan manusia.

Kini drone telah dan sedang dikembangkan untuk pemanfaatan di industri lainnya, seperti otomotif, jasa pengiriman, jasa pengantar makanan, pertanian, dan lainnya. Berikut ini ada 6 fungsi drone yang sedang dikembangkan di dunia, antara lain:

Pengiriman Makanan

Drone pengirim makanan
Fungsi Drone Pengirim Makanan

Konsep pengembangan untuk membantu pengiriman makanan, semisal pengiriman pizza. Pemesan tinggal menunggu di halaman rumah atau jendela rumah. Konsep ini pun telah diperlihatkan sebuah perusahaan otomotif Ford. Dalam konsep tersebut, ke depannya tentu saja bukan hanya makanan, namun barang lain pun bisa dikirim seperti obat-obatan atau barang-barang kecil. 

Operasi Kendaraan Khusus

Pengembangan berikutnya berupa operasi kendaraan khusus untuk misi penyelamatan atau pencarian seseorang. Konsep ini pun sudah didukung perusahaan Land Rover Hero.

Fungsi Drone Mencari Orang Hilang
Fungsi Drone Mencari Orang Hilang

Perusahaan itu telah merancang dan membangun Land Rover Discovery khusus yang menampilkan drone. Model kendaraan telah diuji Palang Merah Austria ketika melakukan misi pencarian dan penyelamatan.

Silakan baca: Aplikasi Edit Foto Makanan Terbaik Buat Smartphone

Drone dipasang pada kendaraan secara magnetis dan dapat meninggalkan kendaraan, lalu kembali lagi. Bahkan bisa digunakan saat kendaraan sedang bergerak. Proyek ini menjadi salah satu contoh bagaimana drone dapat digunakan secara efektif untuk mencari orang hilang.

Asisten Drone Audi

 Asisten pabrik Audi
Fungsi Drone Asisten Pabrik Audi

Pabrikan mobil Audi telah merancang pabrik mobil untuk masa depan. Nantinya drone dan pekerja manusia akan bekerja bersama membangun mobil seefisien SDM dan drone-ly. Di sana drone akan bekerja, mengirimkan suku cadang ke berbagai area pabrik, melakukan pemeriksaan kualitas pada kendaraan, terutama pada area yang sulit dijangkau atau dilihat manusia.

Pengiriman Paket atau Surat

untuk kirim paket atau surat
Fungsi Drone Mengirim Paket Seperti Amazon Prime Air.

Drone berfungsi sebagai alat pengiriman paket atau surat. Pengembangannya sudah dilakukan perusahaan besar Amazon yang memfungsikan drone untuk mengirim barang kepada pelanggannya. Bahkan Amazon telah meluncurkan layanan Prime Air di situs mereka.

Silakan baca: 5 Aplikasi Edit Video Praktis Untuk Ponsel Android

Kini Amazon masih melakukan penelitian untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dapat dicapai oleh drone. Mereka pun telah mematenkan teknologi yang memungkinkan drone bereaksi terhadap gerakan manusia, seperti melambaikan tangan atau meneriakinya.

Hiburan

untuk hiburan
Fungsi Drone untuk Hiburan.

Mayoritas orang menggunakan drone untuk hiburan yang menjadi fungsi model praktis. Namun ada yang lebih menyenangkan yakni balapan drone. Beberapa waktu lalu, raksasa penyiaran, Sky berinvestasi sebesar $ 1 juta ke dalam Drone Racing League. Dalam ajang tersebut, para pilot drone balapan dengan kecepatan tinggi.

Pertanian

Sekarang dunia pertanian pun telah memanfaatkan drone untuk memantau lahan pertanian, melakukan analisis pada tanah, dan bahkan menggembalakan ternaknya. Hingga penggunaan drone pun meningkat dalam waktu dekat. Di Jepang penelitian sedang dilakukan dalam produksi drone berukuran serangga yang dapat digunakan untuk menyerbuki tanaman.*

 

Sumber & Foto: brainberries