Berendam di Kolam Air Panas Alami, Ini Manfaatnya!

Berendam Kolam Air Panas Alami
Sejumlah wisatawan sedang berendam di aliran kolam air panas alami Curug Jodo, Sari Ater. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Berendam di kolam air panas alami sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Air panas alami memiliki kandungan sulfur yang berkhasiat. Bersumber dari adanya gunung-gunung berapi.

Indonesia sebagai negara yang dikelilingi gunung berapi, melahirkan banyak tempat-tempat sumber air panas alami dengan panorama alam yang indah. Seperti Sari Ater di Ciater, Subang; Cimanggu dan Ciwalini Ciwidey, Kabupaten Bandung; Banyuwedang Bali; Galunggung Tasikmalaya; dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa manfaat berendam di kolam air panas alami yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita. Dirangkum dari berbagai sumber.

Mengeluarkan racun

Berendam di kolam air panas dengan suhu sekitar 30-35 derajat celsius dapat membuka pori-pori, sehingga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu, aktivitas ini pun dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot, dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.

Namun berendam di air panas tidak dianjurkan dalam waktu yang lama. Dianjurkan berendam selama kurang lebih 10 hingga 20 menit.

Relaksasi dan menghilangkan stres

Berendam di kolam air panas alami menjadi pilihan tepat untuk merelaksasi tubuh akibat kelelahan setelah beraktivitas seharian dan juga dapat meringankan stres. Perlu juga diperhatikan soal temperatur airnya, dianjurkan berkisar antara 30 – 35 derajat celsius.

Silakan baca: Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Kegiatan berendam ini sangat baik meredakan ketegangan, apalagi jika dilakukan di pemandian air panas di alam terbuka sambil menikmati pemandangan alam. Dijamin stres akan hilang menjauh dan tubuh menjadi lebih rileks. Tapi jangan terlalu lama berendamnya, kurang lebih cukup 10-20 menit saja.

Meringankan sakit kepala dan flu

Caranya dengan merendam kaki di dalam air panas alami dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala, sekaligus menyegarkan kembali kaki yang sudah lelah. Setelah beres direndam, basuh kaki dengan air dingin. Kegiatan ini dianjurkan dilakukan selama 10 sampai 20 menit.

Memperlancar sirkulasi darah

Manfaat berikutnya untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh, seperti jantung, paru paru, ginjal, liver, dan lainnya.

Mengobati eksema & infeksi

Kegiatan berendam ini dapat juga mengobati penyakit kulit tertentu, di antaranya eksema, ruam, atau gatal-gatal. Dianjurkan berendam selama 10 sampai 20 menit. Tidak hanya itu, sifat belerang yang mengandung antiseptik di kolam air panas alami juga dapat membantu penyembuhan penyakit-penyakit infeksi kulit. Lakukanlah kegiatan berendam sekitar 15-20 menit.

Meringankan keluhan sakit tulang

Manfaat lain dari berendam atau mandi di kolam air panas alami, yaitu bisa meringankan keluhan penyakit tulang. Antara lain sakit rematik, sakit bahu, serta sakit pergelangan tangan dan kaki.

Mengobati insomnia

Selanjutnya, berendam sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Melalui kegiatan ini, kita akan bisa tidur lebih nyenyak karena tubuh terasa segar dan rileks. Durasinya disarankan selama 10 – 20 menit.

Mengobati jerawat

Jerawat di wajah memang sangat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Kandungan sulfur (belerang) pada air panas alami sangat cocok untuk mengobati jerawat di wajah. Caranya, usapkan saja beberapa kali air panas alami tersebut pada wajah yang terdapat jerawat.*