BandungKlik – Gua Kristal merupakan destinasi wisata di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penduduk lokal menyebutnya sebagai Gua Amnesi.

Di balik kegelapannya, Gua Kristal menyimpan keindahan. Berupa perpaduan dinding gua dengan kolam alami berair jernih berwarna biru kehijauan. Hingga menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain menikmati pesona keindahan gua dengan bebatuan yang bersih, wisatawan juga bisa menikmati sejumlah aktivitas saat berada di gua tersebut, diantaranya bermain air dan berenang di kolam alami yang menyegarkan. Serta tak lupa mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Jika tertarik berkunjung ke sana, sebaiknya wisatawan menggunakan jasa pemandu lokal agar memudahkan perjalanan untuk mencapai gua tersebut. Lokasinya berjarak sekitar 18 km dari kota Kupang.

Waktu tempuh perjalanan kurang lebih selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Baik transportasi pribadi atau transportasi umum.

Setibanya di area gua, wisatawan masih harus berjalan kaki sekira 5 menit menuju pintu masuk gua. Saat menginjakkan kaki di mulut gua, perjalanan pun terobati dengan pesona keindahan gua yang langsung menyambut.

Silakan baca: Desa Bena di NTT, Sudah Ada Sejak 1200 Tahun Lalu

Agar lebih maksimal dalam menikmati keindahan Gua Kristal, sebaiknya berkunjung pada pukul 09.00-13.00 WITA.  Di kurun waktu tersebut, sinar matahari tepat masuk dari mulut gua sehingga suasana akan sedikit lebih terang.

Apalagi ditambah alat bantu senter yang sangat terang, dijamin bisa mendapatkan hasil foto air di dalam kolam gua yang bening dan berwarna biru kehijauan seperti kristal. Hal inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri Gua Kristal.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kab. Kupang