Benteng Tolukko Ternate Dibangun Portugis Tahun 1540

Benteng Tolukko Ternate
Bangunan Benteng Tolukko Ternate yang masih tampak kokoh.

 

BandungKlik – Masa kolonial di Indonesia meninggalkan banyak bangunan bersejarah, seperti bangunan benteng pertahanan yang tersebar hampir di setiap wilayah Nusantara. Salah satunya Benteng Tolukko yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.

Ditinjau dari segi pertahanan, Benteng Tolukko terletak di tempat strategis, karena dibuat di atas bukit batuan beku yang memanjang dari arah barat laut ke tenggara. Pada ketinggian 6,2 m di atas lembah sekitarnya dan kurang lebih 10,5 meter di atas permukaan laut.

Posisinya juga menjorok ke laut membuat akses ke laut sangat mudah. Menghadap ke arah barat laut dengan sudut 80° yang disesuaikan dengan poros bukit.

Bentuk benteng ini disesuaikan dengan bukit yang ada sehingga denahnya tidak simetris. Berdenah dasar persegi panjang dengan dua bastion di sudut barat daya dan barat laut, serta satu di bagian timur.

Di bagian lantai atas benteng terdapat ruangan berbentuk persegi panjang, tidak beratap, dengan dua pintu menghadap ke timur. Akses menuju ke lantai atas tersebut melewati lorong sempit yang hanya muat dilalui dua orang.

Selanjutnya terdapat pula ruangan bawah tanah yang dulu difungsikan untuk menyimpan amunisi perang dan dapat diakses melalui tangga terbuka. Ruang bawah tanah itu kini tertutup tanah setinggi kurang lebih 1,5 m, sehingga tidak diketahui bentuk dasarnya. Termasuk kemungkinan adanya terowongan bawah tanah menuju laut.

Silakan baca: Benteng Victoria Berusia Ratusan Tahun & Tertua di Ambon

Benteng Tolukko menggunakan teknik bangun pondasi langsung, yakni pondasi yang langsung terletak permukaan tanah, dengan kekokohan yang cukup kuat. Pondasi langsung digunakan untuk lapisan tanah keras yang kedalamannya kurang dari 2 m di bawah permukaan tanah.

 

Klik halaman berikutnya