Benteng Martello, Peninggalan Belanda di Kepulauan Seribu

Benteng Martello Kepulauan Seribu
Benteng Martello ikon wisata Kepulauan Seribu. (pulauseribu.jakarta.go.id)

 

BandungKlik – Keindahan wilayah Kepulauan Seribu memang tak diragukan lagi. Mulai dari deretan pulau-pulau kecil dengan pantai yang memesona hingga bangunan peninggalan bersejarah. Salah satu  yang menarik perhatian banyak wisatawan, yakni Benteng Martello.

Benteng Martello atau benteng bundar ini merupakan peninggalan bersejarah dari masa Kolonial Belanda. Dibangun oleh Belanda pada tahun 1850 dan difungsikan sebagai benteng pertahanan dan menara pengawas.

Bangunan tua ini masih berdiri kokoh di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bentuknya bundar dengan diameter 23 meter dan tebal dinding 2,50 meter, dibuat dengan material batu bata.

Pada bagian dindingnya terdapat deretan jendela-jendela besar dan kecil. Bergeser ke bagian dalam bangunan, tampak tujuh ruangan lantai dasar dengan skat tembok bata.

Salah satu ruangan yang tertutup digunakan sebagai tempat penyimpanan amunisi. Di bagian tengahnya terdapat sebuah dinding lingkaran lagi. Berfungsi menjadi tempat penyimpanan air bersih untuk keperluan minum dan memasak para tentara yang sedang berjaga.

Silakan baca: 6 Benteng Peninggalan Kolonial yang Menarik Dikunjungi

Selanjutnya, Menara Pengawas di Benteng Martello dibangun bertingkat dua. Hal itu dibuktikan dengan adanya lubang-lubang penyangga balok lantai. Terdapat tujuh ruangan di lantai dua yang diperkirakan berfungsi sebagai kamar tidur sekaligus tempat pengintaian.

Keberadaan Martello sebagai benteng pertahanan, hanya mampu beroperasi hingga tahun 1878. Lalu setelah itu, bangunan tersebut hanya digunakan sebagai gudang mesiu.

Kondisinya pun makin rusak berat usai dilanda bencana gempa dan tsunami, akibat meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Hingga akhirnya tidak digunakan lagi sejak tahun 1908.

Kini sisa reruntuhan benteng dan beberapa meriam perang Belanda masih lestari, sehingga dijadikan objek penelitian sejarah. Selain penelitian, juga menjadi daya tarik wisata Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Bidadari.

Silakan baca: 7 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Dicoba

Situs bersejarah Benteng Martello tidak hanya terdapat di Pulau Bidadari. Tetapi juga bisa ditemukan di Pulau Kerkhof (Pulau Kelor) dan Onrust di wilayah Kepulauan Seribu.*

 

 

Sumber: jakarta-tourism.go.id