BandungKlik – Saat berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), sempatkanlah mampir ke Benteng Kuto Besak. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Kesultanan Palembang yang kini menjadi spot wisata menarik dan cukup populer di kota empek-empek ini.

Benteng yang satu ini merupakan bangunan keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Pembangunannya mulai pada tahun 1780 atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758. Lalu diselesaikan oleh penerusnya, yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803.

Tepat pada 21 Februari 1792, bangunan ini resmi sebagai tempat kediaman sultan beserta keluarganya. Benteng yang terletak tak jauh dari Jembatan Ampera ini, menjadi salah satu bukti kejayaan Kesultanan Palembang Darusalam pada masa lampau.

Silakan baca: Kemplang Berkembang Jadi Oleh-Oleh Khas Palembang

Bangunan Benteng Kuto Besak memiliki ukuran panjang 288,75 meter, lebar 183,75 meter, tinggi 9,99 m (30 Feet), dan tebal dinding 1,99 m (6 Feet). Posisinya menghadap ke arah tenggara, berbentuk persegi panjang dan di setiap sudutnya terdapat bastion (Baluarti).

Kalau wisatawan melihat sudut barat, maka akan terlihat baluarti yang berbentuk seperti bastion yang ditemukan pada benteng-benteng lain di Indonesia, berdenah segi lima. Sementara tiga bastion lain yang terdapat di sudut utara, timur, selatan bentuknya sama dan jadi ciri khas bastion benteng di Palembang ini yang berdenah trapesium.

Bangunan di Dalam Benteng Kuto Besak

Di dalam benteng ini terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur Indis. Pada masa lampau, benteng ini dimanfaatkan untuk pertahanan diri dari serangan musuh. Saat ini begitu wisatawan memasuki benteng akan menemukan Kantor Kesehatan Kodam Sriwijaya II serta rumah sakit.

Silakan baca: Benteng Keraton Buton Wolio, Diakui Terluas di Dunia

Bergeser ke kawasan pelataran di depan Benteng Kuto Besak, wisatawan bisa menikmati halaman dengan taman yang tertata rapi. Tampak sebuah plaza alias alun-alun yang bisa wisatawan gunakan sebagai spot untuk beraktivitas. Seperti nongkrong bersama teman, foto-foto cantik dengan latar benteng, olahraga, dan lainnya.*