Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Bawang untuk Kulit

manfaat bawang merah
Bawang merah. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Bawang merupakan makanan penting kaya nutrisi. Namun, tidak semuanya bermanfaat untuk kesehatan. Sayuran tersebut juga dapat menjadi pilihan dalam hal perawatan kulit. Berikut manfaatnya:

Melindungi dari matahari

Bawang dikenal sebagai sumber flavonoid serta vitamin antioksidan seperti vitamin A, B, dan E. Semua itu membantu melindungi sel-sel kulit dari efek merusak ultraviolet (UV) matahari.

Memerangi tanda-tanda penuaan

Quercetin antioksidan dan fitokimia kaya sulfur tertentu membuat bawang merah menjadi agen antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, ini cukup efektif dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas serta tanda-tanda penuaan dini.

Pembersih darah

Antioksidan dalam bawang merah membantu mendetoksifikasi tubuh dengan membuang racun dari aliran darah. Ini memurnikan kulit dan mencegah kemungkinan pengembangan sejumlah masalah kulit.

Menyembuhkan jerawat dan bekas luka

Sayuran populer ini bersifat antibakteri, antiseptik, dan antiimflamasi. Secara kumulatif, semua sifat ini menjadikannya obat yang baik untuk jerawat. Yaitu, dengan membunuh bakteri penyebab infeksi, mengurangi peradangan, menyembuhkan bekas luka, dan mencegah berjerawat lebih lanjut.

Silakan baca: Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji

Menutrisi kulit

Kandungan vitamin terutama vitamin C bawang merah diketahui dapat menutrisi kulit secara efisien sekaligus menjadikannya sehat, bebas noda, dan bercahaya.

Mencegah infeksi kulit

Minyak esensial yang ada dalam sayuran ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang hebat. Minyak tersebut dapat membantu memerangi sejumlah infeksi kulit dengan baik.

Secara umum, bawang merupakan sayuran bergizi tinggi yang dapat disajikan baik mentah maupun dimasak. Secangkir bawang yang diiris mengandung sekira 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 2 gram protein, 7 gram gula, dan 3 gram serat. Selain itu, juga mengandung antioksidan quercetin, vitamin (B6, B9, C) dan sejumlah kecil mineral. Mineral tersebut antara lain zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, mangan, dan belerang. Apalagi bawang merah benar-benar bebas lemak dan kolesterol. *

Silakan baca: Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

 

Sumber: beautyglimpse.com