BandungKlik – Belitung Triathlon kembali hadir tahun 2022 dengan mengambil titik acara di Tanjung Binga yang memesona. Tepatnya di kawasan Sheraton Beachfront, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sport tourism yang dinanti-nanti ini akan digelar pada Sabtu, 28 Mei 2022. Bagi para pencinta travel dan olahraga tentu acara semacam ini masuk dalam agenda perjalanan sekaligus liburan. Serunya berolahraga sembari menikmati keindahan Bumi Laskar Pelangi memang akan memberi pengalaman yang mengesankan.

Belitung Triathlon 2022 merupakan rangkaian olahraga dalam Indonesia Triathlon Series (ITS) yang hadir dengan konsep menantang bagi pencinta olahraga gabungan. Bersepeda, berenang, dan lari bakal menjadi fokus para peserta untuk meraih poin terbanyak dalam enam seri kompetisi yang akan digelar di berbagai lokasi di Indonesia.

Seturut agenda, Belitung Triathlon 2022 digelar dalam dua kategori, yaitu:

1. Sprint Distance: berenang 750 meter, bersepeda 20 kilometer, lari 5 kilometer

2. Standar Distance: berenang 1.500 meter, bersepeda 40 kilometer, lari 10 kilometer

Pendaftaran atau registrasi peserta sudah dibuka sejak 11 April 2022.

Tanjung Binga

Tanjung Binga dikenal sebagai salah satu pantai indah di Belitung. Adakalanya disebut sebagai Desa Nelayan Bugis yang menjadi tempat paling cocok membeli dan menyantap beragam ikan laut.

Betul, salah satu keunikan kampung ini tidak dihuni oleh penduduk asli Belitung, melainkan dari Bugis, Sulawesi Selatan. Di sana, sedikitnya ada 100 kepala keluarga yang tinggal dan umumnya adalah nelayan.

Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan kebanyakan dipasarkan ke Belitung dan Jakarta. Selain itu, penduduk setempat juga mengolah hasil ikan laut menjadi keripik ikan asin khas Tanjung Binga.

Penduduk Tanjung Binga dikenal akan keramahannya yang bakal membuat betah siapa pun, termasuk kepada pendatang atau wisatawan.

Tak syak lagi, Tanjung Binga menyajikan keindahan pesisir yang dihiasi warna-warni kapal nelayan yang unik dan menarik. Perairan di sekelilingnya menyajikan ombak yang tenang, dan dasar laut yang indah dan jernih. *

 

Silakan baca: 

UNESCO Akui 17 Geosite Belitong sebagai Geopark Dunia