Belitung Siap Gelar Indonesia Triathlon Series 2021

triathlon belitung
Menparekraf Sandiaga Uno bersepeda dalam uji coba triathlon di Belitung. (dok.kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Belitung dipastikan siap menjadi tuan rumah ajang Indonesia Triathlon Series 2021 yang bakal digelar pada 13 Maret 2021.

Kesiapan ini disampaikan langsung Menparekraf Sandiaga Uno di Halfway Point Trial Triathlon di Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Sabtu (6/2/2021).

“Saya menilai race untuk Indonesia Triathlon Series sudah mulai siap. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar agar dapat membangkitkan pariwisata, meningkatkan ekonomi kreatif, memulihkan ekonomi Bangka Belitung dan melanjutkan recovery kita pascapandemi,” tutur Sandiaga.

Triathlon merupakan olahraga kombinasi yang dilakukan secara terus-menerus mulai dari berenang, bersepeda, dan berlari.

Pada kunjungannya itu, Sandiaga berkesempatan melakukan trial triathlon dengan berenang sejauh 350 meter di Pantai Kawasan Sheraton Hotel. Kemudian bersepeda sejauh 33 kilometer dan berlari sejauh 3 kilometer di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang. Seluruh rangkaian uji coba tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita tadi sudah mencoba treknya. Di mulai dari berenang di Pantai Kawasan Sheraton Hotel, bersepeda dari Tanjung Kelayang sampai Tanjung Tinggi lalu berputar di Klenteng Sijuk,” tutur Sandiaga, dikutip dari siaran pers laman kemenparekraf.go.id.

Sandiaga menuturkan, simulasi triathlon tersebut menunjukkan Belitung salah satu tempat terbaik menjadi venue triathlon series. Sebab, kata dia, Belitung didukung pesona pantai yang sangat jernih dan arus yang cukup menantang serta jalanan yang mulus.

“Ini kali ketiga saya open water swimming di Belitung. Saya juga sudah melakukan open water swimming di beberapa destinasi yang ikonik di Indonesia,” ujar Sandiaga.

Menurut dia, bisa dikatakan Belitung adalah salah satu yang terbaik menggelar ajang sport tourism ini.

Sementara itu, Ketua Indonesia Triathlon Series Arian Lukman mengatakan, untuk 2021 seluruh seri triathlon pesertanya dibatasi. Rencananya, seri pertama pesertanya 50 orang dan seri kedua di Kota Kendari 50 orang. Selanjutnya di Palembang direncanakan sebanyak 75-100 peserta.

“Jadi, event olahraga akan kita batasi sampai situasi pandemi membaik,” katanya. *

Silakan baca:

Kemenparekraf Fokus Gelar Spor Tourism Saat Pandemi