#BeliKreatifDanauToba, Bangkitkan UMKM di Danau Toba

#BeliKreatifDanauToba
Bukit Holbung, salah satu spot terbaik menikmati panorama Danau Toba. (Foto: indonesia.travel)

 

BandungKlik – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program #BeliKreatifDanauToba (BKDT). Program ini bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada tahun 2021.

Dilansir laman belikreatiflokal.id, tujuan program BKDT ini untuk mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara agar dapat bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

Program tersebut juga dibuat dengan pendekatan budaya setempat. Terlihat dari logo #BeliKreatifDanauToba yang mengandung unsur simbol khas suku Batak berbentuk cicak tanah atau dikenal dengan Boraspati ni Tano. Melambangkan Dewa Tanah/Dewa Bumi sebagai simbol kebijaksanaan dan kekayaan.

Pelaksanaan program akan dimulai pada 20 Februari 2021. Di dalam program ini, 200 pelaku UMKM terpilih. Mereka akan mendapat pelatihan dan pendampingan secara offline dan online selama tiga bulan untuk mengoptimalkan penjualan dan memperluas pasar.

Selain itu, Kemenparekraf juga mengadakan “BKDT Fair”, sebuah ajang pameran produk fesyen, kriya, dan kuliner khas Sumatera Utara. Acara akan dilaksanakan di Summarecon Mall Serpong pada 11-21 Februari 2021. Diselenggarakan untuk membangkitkan awareness masyarakat terhadap produk khas Sumatera Utara.

Silakan baca: Inilah 7 Alasan Turis Senang Wisata ke Indonesia

Kemudian Kemenparekraf mengadakan photo display di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dalam foto display tersebut, diberikan QR code yang jika discan akan langsung mengarahkan pengunjung ke marketplace produk itu dijual.

Kemenparekraf dalam menjalankan program #BeliKreatifDanauToba bekerjasama dengan berbagai stakeholder, antara lain Kementerian Keuangan (DJP), PKN STAN, DJBC, LKPP, Pemda, BPODT, BPOM, BI, BRI, PT. PNM, serta marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, Bhineka, JD.ID, Bukalapak, Grab, dan Gojek.*