BandungKlikBank bjb akan selalu mengedepankan kemitraan dan kolaborasi dalam menjalankan usaha. Hal tersebut tampak pada kemitraan yang terjalin dengan lembaga perbankan lain, yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Salah satu bentuknya dengan menyediakan fasilitas kredit khusus bagi BPR, yaitu bjb Kredit Kepada BPR.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb, Widi Hartoto mengatakan, Dengan adanya kemitraan tersebut, Bank bjb pun siap memfasilitasi BPR dengan layanan kredit khusus. Fasilitas ini dapat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan usaha BPR.

Lembaga perbankan BPR sendiri merupakan salah satu jenis bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang menyediakan jasa lalu lintas pembayaran.

“BPR ini menjadi salah satu bank yang diminati oleh banyak masyarakat. Untuk itu, Bank bjb sangat mendukung pertumbuhan usaha BPR, termasuk dukungan berupa permodalan usaha. Salah satunya melalui fasilitas bjb Kredit Kepada BPR,” jelasnya.

Widi menambahkan, bjb Kredit Kepada BPR hadir dengan sifat kredit Executing. Artinya dapat digunakan hanya dalam kebutuhan ekspansi usaha, refinancing, ataupun likuiditas dengan disesuaikan pada kebutuhan BPR dan take over.

“Skemanya melalui Installment Loan atau Demand Loan. Installment Loan adalah kredit di mana angsuran pokok dan bunganya dilakukan secara teratur dengan jangka waktu yang disepakati. Sedangkan Demand Loan adalah pinjaman yang dapat ditarik bertahap sesuai kebutuhan nasabah,” sambungnya.

Revolving dan Non Revolving

Fasilitas bjb Kredit Kepada BPR memiliki beberapa fitur produk yang ditawarkan. Diantaranya bersifat kredit Revolving dan Non Revolving. Dengan jangka waktu kredit terbagi menjadi dua sesuai skema bjb Kredit kepada BPR.

Skema pertama, Installment Loan memiliki jangka waktu maksimal 5 tahun, belum termasuk dengan masa penarikan maksimal 10 tahun. Skema ini bagi debitur yang potongan gaji atau uang pensiunnya tidak melalui bank. Maksimal 15 tahun bagi skema reimburse piutang kredit untuk rumah atau KPR, dan sejenisnya. Kemudian jangka waktu untuk Demand Loan maksimal 1 tahun serta dapat dilakukan perpanjangan.

Persyaratan yang harus dipenuhi BPR jika ingin memanfaatkan fasilitas bjb Kepada BPR, yaitu menyerahlan dokumen legalitas dari pemohon, seperti KTP dan Anggaran Dasar perusahaan. Lalu dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, SITU dan TDP, setidaknya usaha telah berdiri minimal 3 tahun dan telah memiliki rencana kerja yang baik.

Silakan baca: Penyaluran Gaji Karyawan jadi Mudah dengan Layanan Bjb Payroll Service

Tersedianya fasilitas bjb Kredit khusus kepada BPR ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para calon debitur. Pihak Bank bjb juga akan terus melakukan sosialisasi terhadap layanan dan produk Bank bjb yang akan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Dukungan Bank bjb dalam membangun perekonomian negara seperti di atas, menjadi wujud implementasi misi yang diusung oleh Bank bjb. Yaitu memberikan kontribusi dan partisipasi terhadap masyarakat sebagai penggerak laju perekonomian.

Informasi lebih lanjut seputar layanan bjb Kredit kepada Bank Perkreditan Rakyat, dapat menghubungi Call Center Bank bjb atau mendatangi Kantor Cabang bank bjb terdekat.*