BandungKlik – bank bjb dalam menjalankan perusahaannya selalu mengutamakan kolaborasi dan kerje sama dengan berbagai pihak. Paling anyar, bank bjb menjalin kerja sama dan memperkuat sinergi dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) yang saling menguntungkan.

Jalinan kerja sama kedua belah pihak ditandai dengan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Antara bank bjb dengan PT Asuransi Kredit Indonesia, pada Jumat, 17 Maret 2023. Kerja sama yang dijalin adalah terkait hal Penagihan Subrogasi Asuransi Kredit.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara bank bjb dengan Askrindo tersebut dilakukan guna mempermudah perusahaan dalam mengelola dan melakukan penagihan subrogasi Askrindo di bank bjb. Adapun penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari bersama Direktur Keuangan Askrindo Liston Simanjuntak.

Nantinya, jalinan kerja sama antara kedua belah pihak dilakukan secara litigasi maupun non litigasi sebagai strategi mengatasi kredit bermasalah. Kerja sama yang satu ini disepakati bank bjb dan Askrindo, berlangsung selama 36 bulan atau 3 tahun sejak penandatanganan PKS.

Pada kesempatan itu, Direktur Keuangan Askrindo Liston Simanjuntak menuturkan, pihaknya akan berusaha secara optimal dalam upaya penanganan kepada para debitur bermasalah bank bjb. Sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Silakan baca: Yuk Nikmati Promo bjb BUKBER 2023, “Buka Rekening Bertabur Rezeki”!

Selama jangka waktu yang ditetapkan, diupayakan dapat terjadi peningkatan pengembalian subrogasi kepada Askrindo. Dengan persentase pengembalian subrogasi lebih dari 50%.

Sementara itu, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari menyampaikan, bahwa kerja sama yang dijalin antara bank bjb dan Askrindo diharapkan dapat saling bersinergi.

“Serta berkolaborasi guna mengantisipasi dan mengatasi kredit bermasalah,” ungkap Nancy.

PT. Asuransi Kredit Indonesia

Sebagai informasi, PT. Asuransi Kredit Indonesia sendiri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang  bergerak dalam asuransi/penjaminan.

Askrindo senantiasa menjalankan peran dan fungsinya sebagai Collateral Subtitution Institution. Yaitu lembaga penjamin yang menjembatani kesenjangan antara UMKM yang layak namun tidak memiliki agunan yang cukup untuk memperoleh kredit dari lembaga keuangan. Baik perbankan maupun lembaga keuangan non-bank.

Silakan baca: Bank Bjb Optimis Mampu Ekspansi Bisnis Berkat Permodalan yang Kian Solid dan Kuat

BUMN yangs atu ini berdiri tanggal 6 April 1971 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1/1971 tanggal 11 Januari 1971.*