Bank bjb Alokasikan Rp15,1 T untuk Ramadan-Idulfitri 2021

bank bjb untuk idulfitri
Kantor Pusat bank bjb. (dok. bank bjb)

 

BandungKlik – bank bjb telah mengalokasikan uang tunai sebesar Rp15,1 triliun, untuk kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H/2021. Alokasi dana tersebut digunakan untuk pemenuhan kebutuhan operasional dan ketersediaan dana di ATM. Tentunya juga di seluruh jaringan kantor bank bjb di 14 provinsi di Indonesia.

Secara rinci pembagian alokasi dana bank bjb untuk Ramadan dan Idulfitri 2021 tersebut, yakni sebesar Rp9,3 triliun dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan operasional. Kemudian sebesar Rp5,8 triliun dialokasikan untuk ketersediaan dana di seluruh jaringan ATM bank bjb.

Persiapan dengan mengalokasikan dana itu, dilakukan bank bjb sebagai langkah antisipasi terhadap tren kebutuhan uang di kalangan masyarakat. Soalnya menjelang Idulfitri setiap tahun, kebutuhan uang di masyarakat selalu mengalami peningkatan.

Menurut Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, jumlah dana yang disalurkan telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H. Diperkirakan, volume transaksi melalui jaringan ATM bank bjb maupun pengambilan uang tunai di jaringan kantor bank bjb akan meningkat di periode tersebut.

“bank bjb telah mempersiapkan dana likuiditas yang dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2021. Dana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat,” papar Widi, dikutip dari laman jabarprov.

Ia juga menjelaskan, penyediaan dana likuiditas ini juga bertujuan untuk menunjang kebutuhan keuangan daerah. Sekaligus sebagai stimulus di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Silakan baca: bjb Raih Pertumbuhan Laba Bersih pada Triwulan I 2021

Selama Ramadan kali ini, bank bjb pun tetap menerima layanan penukaran uang. Termasuk penukaran Uang Peringatan Khusus 75 Tahun Republik Indonesia. Tempatnya di seluruh jaringan kantor bank bjb, sepanjang kuota penukaran masih tersedia. Pelayanan penukaran tersebut dilakukan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Walaupun bank bjb telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat, namun tetap mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi digital melalui channel-channel atau platform yang telah tersedia.*