Bangkitkan Pariwisata, BOB Dukung Borobudur Duathlon 2021

borobudur duathlon
(dok. Antara).*

 

BandungKlik – Sebagai upaya membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, Badan Otorita Borobudur (BOB) mendukung penyelenggaraan Borobudur Duathlon 2021. Menurut rencana, acara bakal digelar 29 Mei 2021.

“Badan Otorita Borobudur sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Duathlon ini sebagai wahana membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Direktur Utama BOB Indah Juanita melalui keterangan tertulisnya di Yogyakarta, belum lama ini seperti dikutip Antara.

Dikatakannya, Borobudur Duathlon 2021 digelar pertama kali sebagai event lanjutan seri duathlon di wilayah destinasi superprioritas (DSP). Kegiatan serupa sebelumnya berhasil digelar pada 3 April 2021 di Likupang.

Ajang Borobudur Duathlon 2021 digagas dan sinergi antara DPD Masyarakat Sadar Wisata Jawa Tengah dengan RajaLARI.id didukung BOB, Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Pemerintah Kabupaten Magelang. Salah satu tujuan ajang ini adalah menggairahkan kembali potensi pariwisata olahraga di kedua provinsi tersebut.

Kata Juanita, BOB akan terus mendukung kegiatan serupa sehingga wilayah koordinatif tiga destinasi pariwisata nasional (DPN) dapat segera bangkit. Wilayah tersebut meliputi YogyakartaBorobudur, Solo – Sangiran dan Semarang – Karimunjawa

Borobudur Duathlon 2021 akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk CHSE (kesehatan, keselamatan, kebersihan, dan keberlanjutan lingkungan) secara hibrid.

“Pariwisata dan ekonomi kreatifnya bisa bangkit dengan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru sesuai prokes,” kata Juanita.

Selain dihadiri 150 peserta terpilih yang dilepas di Yogyakarta, ditargetkan diikuti 1.500 peserta secara virtual. Rombongan akan dilepas menjadi tiga gelombang masing-masing 50 orang menuju Nanggulan melalui Pergunungan Menoreh. Lalu melintasi Kali Progo menuju Manohara Borobudur sejauh 43 KM dan mengelilingi kawasan Candi Borobudur sejauh 3 KM. *

Silakan baca: Bandung Duathlon Diharapkan Masuk CoE Sport Tourism

Silakan baca: Citilink Dukung Sport Tourism di 5 Destinasi Super Prioritas