Bandung Masuk “Kota Makanan Tradisional Terbaik Dunia”

kuliner lokal bandung
Batagor, makanan lokal khas Bandung. (Opik Surya).*

 

BandungKlik – Bandung masuk salah satu kota dengan makanan lokal atau tradisional terbaik dunia tahun 2020 versi TasteAtlas. Penilaian melibatkan kritikus profesional dan 63.402 suara sah audience situs tersebut.

TasteAtlas merupakan situs asal Kroasia yang fokus mengulas aneka hidangan makanan tradisional. Tak hanya itu, mereka juga membahas resep lokal hingga restoran autentik di seluruh dunia. Situs tersebut mengklaim telah membuat katalog lebih dari 10.000 makanan dan minuman sejagat. Bahkan, mereka telah mangantungi lusinan ribu kuliner yang masih harus diteliti dan dipetakan.

BandungKlik mengakses situs tersebut pada Kamis (18/2/2021). Seturut versi TasteAtlas dalam Best Traditional Food Cities, Bandung terkenal akan hidangan mi kocok, batagor, dan kupat tahu. Sedangkan mengenai restoran autentik mereka menyebut Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit dan Cireng Cipaganti.

Dari 56 nominasi kota di dunia dengan makanan lokal terbaik, Bandung menempati peringkat 7 dengan bintang 4.43. Kota yang populer dengan julukan Parijs van Java ini sekaligus satu-satunya yang mewakili Indonesia.

makanan lokal dunia
(@seasia.co).*

Bandung bersanding dengan Paris (Prancis 4.56), Roma (Italia 4.54), Buenos Aires (Argentina 4.51) dan Istanbul (Turki 4.47). Di peringkat 5 dan 6 adalah Meksiko City (Meksiko 4.47) dan Kyoto (Jepang 4.44). Ibu kota Java Barat ini lebih unggul dari Napoli (Italia 4.42), Melbourne (Australia 4.40) dan Lisbon (Portugal 4.37) yang berada di peringkat 8, 9, dan 10.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas pencapaian ini.

Salam Seblak. Selamat untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se-ASEAN dari Taste Atlas Award 2020. Kepada Om Tutug Oncom tolong pertahankan, kepada Bang Tigor, batagor tolong tingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan, kepada ‘Ratu Elizabeth’, cendolnya tolong dipopulerkan. Teruslah berinovasi. Salam Seuhah,” tulisnya dalam akun Instagram @ridwankamil, Kamis (18/2/2021). *

Silakan baca:

Surabi, Kudapan Sedap Teruji Sepanjang Hari