Bandung Design Biennale 2021 Digelar di 23 Titik Venue

Bandung Design Biennale 2021
@disbudpar.bdg

 

BandungKlikKota Bandung menggelar festival desain bertajuk “Bandung Design Biennale (BDB) 2021”. Event dua tahunan ini, digelar pada tanggal 5 hingga 27 November 2021. Dengan mengusung tema “Excavate: Mapping The Commons Across The Spectrum (Pemetaan Umum di Seluruh Spektrum)”.

Selama 23 hari itu, Bandung Design Biennale 2021 akan memperkenalkan 10 kategori dan 72 program di 23 titik venue. Titik venue tersebut, tersebar di sekitar Kota Bandung.

Di dalamnya akan melibatkan ragam pelaku, komunitas, maupun penggiat desain untuk menghadirkan serangkaian program dengan format showcase, discourse, dan talks dalam bentuk event daring maupun luring.

BBD 2021 ini mengajak para pelaku maupun publik untuk menyampaikan segala bentuk gagasan, objek, dan praktik, sebagi respons terhadap tema umum dalam bentuk showcase (pameran, instalasi, dan lainnya), maupun discourse (seminar, diskusi, dan lainnya).

Silakan baca: Museum Kota Bandung, Kenalkan Sejarah Kota Bandung

Kemudian turut serta berkontribusi dalam proses pemetaan melalui submission berupa arsip publik (artefak atau dokumentasi teks maupun foto) dari gagasan, objek, dan praktik dalam ekosistem kreatif Kota Bandung.

Kategori Utama

Sementara 10 kategori utama yang akan diperkenalkan, antara lain Circularity, Inclusivity, Printed Matter, Film and Photography, Gastronomy, Spatiality, Rights and Social Empowerment, Urban Explorations, The Everyday dan The Music Scene.

BDB2021

Kategori ini telah melalui proses kuratorial, submisi oleh setiap partisipan disortir dalam beberapa segmen dan klasifikasi. Hingga pada akhirnya terbentuk beragam kategori tersebut.

Berangkat dari teks kuratorial atau tema “Excavate: Mapping The Commons Across The Spectrum”, tahap pengkategorian ini dilakukan sebagai upaya untuk memetakan pemikiran kreatif dari beragam disiplin.

Dewan kurator melihat berdasarkan point of view yang ditawarkan masing-masing partisipan tawarkan. Serta relevansi topik yang diangkat dengan apa yang terjadi hari ini. Tidak hanya dalam dunia desain, namun juga hal yang bersinggungan di sekitarnya.

Pembukaan Bandung Design Biennale (BDB) 2021 telah digelar hari ini, Jumat (5/11/21). Bertempat di Laswee Creative Space dengan dihadiri oleh para comitee, peserta dan partners dari BDB21.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui jadwal dan informasi selengkapnya, bisa pantau terus akun Instagram @bandungdesignbiennale.*