Bandara Silangit Siap Dukung UMKM & Wisata Danau Toba

bandara silangit
Gerai produk lokal di Bandara Internasional Silangit. (dok. Antara).*

 

BandungKlik – Bandara Internasional Silangit dan Kualanamu di Sumatera Utara siap mendukung UMKM dan wisata Danau Toba dengan menghadirkan gerai produk lokal.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penumpang pesawat dapat melihat langsung berbagai produk lokal ketika baru mendarat. Produk-produk ini berasal dari pelaku usaha kreatif dan UMKM Danau Toba. Gerai tersebut diadakan di terminal kedatangan Bandara Internasional Silangit dan Kualanamu.

Dalam hal ini, Angkasa Pura II bersama Bank Indonesia menyiapkan lokasi untuk galeri atau gerai sebagai etalase produk. Etalase dilengkapi kode batang (QR Code) untuk menginformasikan tentang platform digital pembelian produk tersebut.

“Jadi, ini merupakan bentuk dari kombinasi offline dan online dalam pengembangan pelaku kreatif dan UMKM setempat,” kata Awaluddin, Selasa (23/2/2021), dikutip dari Antara.

Dikatakannya, Angkasa Pura II bersama Bank Indonesia juga turut mendukung gerakan Beli Kreatif Danau Toba yang baru diluncurkan Presiden Joko Widodo.

Menurut Awaluddin, pengembangan UMKM merupakan salah satu perhatian Angkasa Pura II. Pihaknya juga mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia seperti di Bandara Soekarno-Hatta yang menyediakan gerai khusus bagi UMKM.

Dalam upaya optimalisasi bandara mendukung destinasi pariwisata, kata Awaluddin, pengembangan di Bandara Internasional Silangit pun dilakukan secara berkelanjutan.

“Bandara Silangit adalah bandara yang paling dekat dengan Danau Toba. Dengan kata lain, Bandara Silangit merupakan pintu utama bagi wisatawan nusantara dan mancanegara untuk dapat langsung menuju kawasan Danau Toba. Pengembangan terus dilakukan secara berkelanjutan di bandara ini,” tuturnya.

Tahun lalu, kapasitas terminal penumpang di bandara ini meningkat menjadi 700 ribu penumpang per tahun. Sebelumnya hanya 300 ribu penumpang per tahun.

Tak hanya itu, kapasitas apron atau parkir pesawat juga diperluas sehingga dapat menampung enam pesawat jenis Boeing 737-800 NG dari sebelumnya hanya tiga pesawat. *

Silakan baca:

Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan