Bandara Lombok Jelang WSBK 2021, Makin Luas & Megah

bandara lombok
Pesawat kargo Boeing 777 Freighter milik maskapai Qatar Airways nomor penerbangan QR8356 kode registrasi A7-BFG yang membawa logistik event balap motor World Superbike (WSBK) 2021 mendarat di Bandara Lombok, Senin (8/11/2021) pukul 23.01 WITA. (lombok-airport.co.id).*

 

BandungKlik – Pengembangan Bandara Internasional Lombok rampung sudah. Kini, menjelang ajang balap motor WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, lebih siap melayani penumpang termasuk wisatawan.

Saat ini, kondisi bandara seluas 43.501 meter jauh lebih megah dengan kapasitas yang bisa menampung hingga tujuh juta penumpang per tahun. Jumlah ini dua kali lipat dari sebelumnya, yaitu seluas 24.123 meter dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

Salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dilakukan guna mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tentu saja, pengembangan bandara untuk menunjang kegiatan berskala internasional lainnya yang bakal digelar di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Setelah gelaran Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021, agenda internasional terdekat adalah WSBK 2021 yang bakal digelar 19 – 21 November 2021. Bandara yang kerap disebut Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) ini jauh lebih siap mendukung kesuksesan agenda.

“Bandara Lombok siap menyambut kedatangan peserta, ofisial, dan penonton ajang balap motor WSBK 2021,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Dikutip dari lombok-airport.co.id, Rabu (17/11/2021), kesiapan tersebut seiring dengan telah selesainya pengembangan bandara ini. Selain perluasan terminal penumpang, juga perluasan apron, perpanjangan landasan pacu (runway) serta pengembangan fasilitas kargo.

Siap sambut Boeing 777

Disampaikan Fahmi, apron Bandara Lombok sekarang bisa menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan enam pesawat wide body. Sementara itu, landasan pacunya siap mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777.

Selain itu, runway sepanjang 3.300 meter yang dimiliki Bandara Lombok merupakan runway terpanjang nomor lima di Indonesia.

Adapun fasilitas kargo untuk mendukung arus logistik WSBK 2021 dan MotoGP 2022 berupa akses jalan sepanjang 1.500 meter. Fasilitas lainnya adalah pelataran kargo 6.000 meter yang dapat menampung sebanyak 40 truk kargo.

Menjelang ajang balap motor bergengsi ini, pihak bandara telah menggelar simulasi pengamanan (security exercise) pekan lalu. Di luar penyelenggaraan ajang balap motor internasional, Bandara Lombok adalah gerbang indah alam dan ragam budaya Mandalika yang memesona. *

 

Silakan baca: 

Mandalika Sajikan Pesona Alam, Budaya & Pariwisata Olahraga

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba