Bandara Dubai Targetkan 28 Juta Penumpang Tahun ini

bandara dubai
Bandara Internasional Dubai. (dubai-airport). *

 

BandungKlik – Operator bandara di Dubai mengharapkan “banjir” pelancong saat pandemi Covid-19 mereda. Pihaknya menargetkan lalu lintas penumpang melalui Bandara Internasional Dubai tumbuh 8% atau sebanyak 28 juta penumpang tahun ini.

Rencananya, Terminal 1 dibuka kembali Kamis ini setelah penutupan selama 15 bulan. Saat pandemi melanda, operasi dikonsolidasikan melalui Terminal 2 dan 3.

Kepala Eksekutif Bandara Dubai Paul Griffiths mengatakan banjir permintaan mutlak ketika orang mendapatkan kepercayaan diri untuk bepergian lagi.

Bandara Dubai, salah satu bandara tersibuk di dunia, dapat menampung lebih dari 40 juta penumpang tahun ini. “Jika benar-benar beruntung,” kata Griffiths, dikutip dari Reuters, Selasa (22/6/2021).

Meskipun, kata dia, kemungkinan berada di antara 24,7 juta dan 34,3 juta penumpang.

“Kami nyaman dengan kisaran menengah itu sekitar 28 juta,” ujar Griffiths.

Disampaikannya, Terminal 1 memiliki kapasitas penumpang tahunan 18 juta. Namun, seluruh bandara dapat menampung hingga 100 juta penumpang.

Griffiths memperkirakan pembukaan kembali terminal akan menghasilkan 3.500 pekerjaan tambahan di bandara. Pekerjaan tersebut termasuk mereka yang bekerja di ritel, perhotelan, keamanan, dan imigrasi.

Dubai mengumumkan pada Sabtu, beberapa pembatasan penumpang yang terbang dari India, Afrika Selatan, dan Nigeria akan dilonggarkan mulai Rabu ini.

Bandara ini menangani 5,75 juta penumpang pada kuartal pertama. Angka tersebut turun 67,8% dibandingkan kuartal yang sama pada 2020 sebelum pandemi menghentikan lalu lintas.

Pada 2020, lalu lintas penumpang anjlok 70% menjadi 25,9 juta dari 86,4 juta pada 2019. Bandara ini merupakan basis penerbangan negara Emirate dan Dubai yang seluruh operasinya penerbangan internasional.

Selama periode dua pekan mulai Kamis, 66 maskapai asing akan pindah dari Terminal 2 dan 3 ke Terminal 1. Terminal 3, tempat Emirate beroperasi, akan terus beroperasi dengan dua dari tiga concourse-nya untuk saat ini. *

 

Silakan baca: Top 10 Bandara Tersibuk di Dunia Saat Pandemi Covid-19

Silakan baca: Lukla Airport, Bandara Paling Ekstrem di Dunia?