Bali, Surga Lokasi Penyelenggaraan MICE di Indonesia

MICE di Bali
Kegiatan MICE outdoor dengan latar lautan indah di BNDCC. (dok. baliconventioncenter.com)

 

BandungKlik – Bali bukan hanya sohor akan wisata alam dan budayanya, namun juga menjadi surganya penyelenggaraan MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition), baik skala nasional maupun internasional. Gelar MICE di Bali sungguh pilihan tepat.

Dilansir laman mice.id, sejak 2010, Bali selalu menduduki rangking teratas destinasi MICE di Indonesia. Sering pula didaulat sebagai tuan rumah berbagai acara dan kegiatan bertaraf internasional, diantaranya pemilihan Miss World, IMF-World Bank, KTT ASEAN, hingga event musik internasional.

Beragam fasilitas penunjang MICE untuk berbagai jenis acara, tersedia di sana. Termasuk hotel-hotel bintang lima dan enam dengan fasilitas ruang konferensi dan rapat lengkap. Nilai plus lainnya, didukung keramahan penduduk Bali. Serta keindahan dan ketenangan alamnya yang dapat memberikan inspirasi.

Bali menjadi pilihan ideal bagi perusahaan, kantor, atau organisasi untuk menyelenggarakan MICE. Karena potensi pariwisata Bali yang tak ada habisnya. Bahkan para penyelenggara jarang menemukan kesulitan saat membuat perencanaan kegiatan di Bali. Meliputi pilihan lokasi, fasilitas, nuansa, tema yang sesuai dengan programnya.

Penyelenggara MICE dapat memilih beragam lokasi dan suasana di Bali. Mulai dari kawasan pantai, seperti di Nusa Dua, Kuta, Seminyak, dan puluhan pantai lainnya. Ingin suasana pedesaan bisa memilih kawasan Ubud. Bagi yang ingin suasana pegunungan dengan panorama alam indah dan udara sejuk, dapat memilih lokasi MICE di Kintamani.

Silakan baca: Ragam Sport Tourism di Indonesia, Lokasi dan Eventnya

Sementara untuk pilihan tempat di hotel, terdapat banyak hotel di berbagai pelosok pulau berfasilitas MICE lengkap. Didukung dengan ballroom, ruang rapat, ataupun sarana rekreasi untuk pesertanya.

Beberapa hotel bahkan sudah terkenal di dunia sebagai tempat meeting dengan pelayanan prima. Seperti The Westin Resort, Grand Hyatt, Courtyard Bali Nusa Dua Resort, Hilton Bali Resort, Mercure, Nusa Dua Beach Hotel, Grand Mirage, The Laguna, Grand Whiz, Novotel, Conrad Bali, Holiday Inn Resort, Park Hotel, Inaya Hotel, dan lainnya.

Untuk paket meeting saja, lokasi utamanya bisa di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, Sanur, Ubud, Kintamani, dan Bedugul. Banyak kegiatan tersebut dilengkapi dengan program perjalanan insentif, semisal outbound atau team building, CSR, kunjungan obyek wisata, atau bahkan dikombinasi dengan wisata adventure.

Kemudian untuk perhelatan pameran produk (exhibition), Pulau Dewata menjadi pilihan menarik karena selain warga Bali, pengunjung pameran dapat datang dari wisatawan nusantara atau wisatawan mancanegara yang datang ke Bali. Pilihan tempatnya, antara lain hotel di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Sanur.

Silakan baca: 5 Kolam Renang Paling Menakjubkan di Dunia

Acara konvensi atau konferensi juga telah sering diselenggarakan di sana, baik skala nasional maupun internasional. Kegiatan konvensi membutuhkan ruangan luas agar dapat menampung peserta dalam jumlah banyak. Tempat yang cocok, yakni Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

BNDCC merupakan fasilitas MICE di kompleks pengembangan pariwisata Bali Tourism Development Corporation. Dibangun di atas lahan 70.000 m2, dengan bangunan terinspirasi dari seni budaya arsitektur Bali. Terdiri dari 44 ruangan multi fungsi yang dapat menampung 10.000 orang.

Tempat tersebut juga terintegrasi langsung dengan hotel bintang lima, Bali Nusa Dua Hotel. Dengan kapasitas 96 kamar sebagai sarana penunjang akomodasi para delegasi.*