Babel Akan Kembangkan Konsep Pariwisata Digital

pariwisata digital bangka belitung
Destinasi wisata Tanjung Kelayang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (babelprov.go.id).*

 

BandungKlik – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengembangkan konsep pariwisata digital dalam bentuk aplikasi. Gubernur Erzaldi Rosman mengapresiasi aplikasi TripBabel yang ditawarkan AllNorth.

AllNorth adalah kumpulan warga Indonesia yang menetap di Kanada. Mereka menjelaskan tentang TripBabel sebagai bentuk kepeduliannya untuk kemajuan daerah.

Erzaldi mengatakan, apa yang telah disampaikan pihak AllNorth sejalan dengan keinginannya untuk mengembangkan pariwisata di Babel. Menurut dia, fitur dalam TripBabel akan memudahkan pelancong yang datang ke Negeri Laskar Pelangi.

“Aplikasi ini akan menjadi guide/ pemandu wisata pribadi. Kita bisa bebas memilih ke mana pun kita akan pergi ke titik-titik destinasi wisata,” ujar Erzaldi.

Dikutip dari laman babelprov.go.id, Ahad (6/6/2021), ia optimistis aplikasi tersebut bakal membuat kunjungan wisatawan meningkat. Begitu pun dengan lama tinggal kunjungan wisata akan semakin panjang. Perkembangan teknologi aplikasi digital di sektor pariwisata memberi kemudahan bagi siapa saja yang hendak ke Bangka Belitung.

Aplikasi TripBabel memuat perencanaan pilihan akomodasi, transportasi, penginapan hingga destinasi. Pilihan tersebut disesuaikan dengan bujet yang dimiliki wisatawan.

Silakan baca: Lempah Kuning Bangka, Hidangan Ikan Laut Kuah Kuning

Hal lain yang membuat Erzaldi tertarik adalah adanya pemberdayaan masyarakat dan pelaku UMKM. Fitur aplikasi juga menampilkan ragam produk dan sentra UMKM setempat termasuk kuliner dan atraksi.

Oleh karena itu, Erzaldi menyarankan supaya AllNorth bekerja sama dengan BUMD. Mengenai data dan kurasi UMKM pihaknya siap berkolaborasi. Di samping itu, ia mengingatkan perlu adanya standar yang harus dipenuhi agar dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan.

Di lain pihak, President Director AllNorth Rizanoel Irvin Latif menjelaskan secara global TripBabel. Kata dia, aplikasi tersebut mengakomodir Pre-trip, On-trip, dan After-trip. Semua itu akan membagikan kepuasan pengalaman berwisata di Kepulauan Bangka Belitung.

Pihaknya juga akan memberdayakan masyarakat sekitar dan pelaku UMKM. Caranya dengan mengadakan pelatihan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. *

Silakan baca: Puri Tri Agung Bangka, Berdiri Megah Menghadap Lautan