Asyiknya Wisata Budaya di Desa Gegesik Kulon Cirebon

Desa Gegesik Kulon
Tari Topeng 5 Wanda dan Rampak Kendang di Desa Wisata Gegesik Kulon.

 

BandungKlik – Selain dianugerahi potensi alam yang indah dan memesona, Indonesia juga memiliki kekayaan ragam budaya yang menjadi daya tarik wisata. Seperti yang disajikan Desa Wisata Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Desa seluas 402 hektar ini menjadikan kebudayaan tradisional sebagai daya tarik utamanya. Dengan bekal itulah, desa ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Berikut ini ada sejumlah atraksi wisata budaya yang bisa dinikmati wisatawan kala bertandang ke desa wisata tersebut, antara lain:

1. Menyaksikan Tari Topeng 5 Wanda dan Rampak Kendang

Tari Topeng 5 Wanda dan Rampak Kendang, biasanya ditampilkan sebagai bentuk penyambutan bagi tamu yang berkunjung ke Desa Wisata Gegesik Kulon. Ada Sanggar Griya Super di sana yang masih terus aktif menjaga kelestarian tarian dan alat musik tradisional tersebut.

Silakan baca: Sitiwinangun, Desa Wisata Penghasil Gerabah

Wisatawan bisa melihat proses latihan sebagai persiapan pementasannya di Sanggar Griya Super. Bahkan wisatawan dapat juga mengikuti pelatihan permainan kendang jika memiliki waktu luang. Pelatihan ini biasanya memakan waktu hingga 4 bulan.

2. Kerajinan Ukiran Kayu Jati

Kerajinan ukir kayu jati sudah menjadi salah satu produk budaya khas Desa Wisata Gegesik Kulon yang masih lestari hingga kini. Secara kualitas, produk ukiran kayu jati ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia.

Di situ, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman mengukir kayu jati secara langsung dari para pengrajin. Hal ini sebagai bagian dari edukasi budaya, kemudian bisa membelinya sebagai cendera mata.

3. Kerajinan Wayang Kulit Tatah Sungging

desa wisata gegesik kulon
Kerajinan Wayang Kulit Tatah Sungging.

Tak hanya kerajinan ukiran jati, desa wisata ini pun mempunyai produk kebudayaan khas lainnya, yakni wayang kulit tatah sungging. Dapat dikatakan, kerajinan wayang kulit ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat, sehingga keberadaannya masih lestari.

Silakan baca: Lima Desa Wisata di Jabar Raih ADWI 2021

Pengunjung desa dapat menyaksikan langsung proses pembuatan wayang kulit sambil berbincang santai dengan pengrajinnya. Wisatawan juga dapat membelinya sebagai cendera mata.

 

Klik halaman berikutnya