Arwana Super Merah, Warnanya Bikin Orang Jatuh Cinta

arwana super red merah
Ikan arwana super merah. (dok. youtube.com).*

 

BandungKlik – Citra arwana super merah (super red) yang mahal bukan rahasia lagi. Namun, penggemarnya tak pernah surut. Salah satu alasannya karena warna merah menyala yang ditampilkan ikan ini.

Arwana super merah punya tubuh yang ramping tetapi gagah. Gerak-geriknya yang anggun dan gemulai di akuarium sudah lama mencuri perhatian para penggemar ikan hias di seantero dunia. Alih-alih pamornya redup, justru kian hari semakin banyak peminatnya. Tak sedikit orang yang percaya, dengan menikmati ikan arwana super merah berenang dapat mengurangi stres.

Orang Indonesia boleh berbangga punya ikan purba yang masuk keluarga Osteoglossidae. Ikan ini berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Inilah habitat aslinya. Warga setempat acap menyebutnya ikan silok merah.

Silakan baca:

5 Alasan Utama Memelihara Kucing di Rumah

Ikan yang sohor sebagai raja ikan hias ini memang punya tempat istimewa di hati para pencinta ikan hias. Terlebih, bagi mereka yang percaya mitos bahwa ikan arwana dapat membawa hoki.

Tak heran lantaran harganya yang mencapai puluhan juta rupiah bahkan lebih, penggemar ikan hias ini kebanyakan datang dari kalangan menengah ke atas. Cara pemeliharaannya juga tergolong eksklusif dan cukup menyita waktu yang empunya.

Pemeliharaan ikan arwana super merah tidak semudah memelihara ikan hias air tawar lainnya. Kondisi air dalam akuarium mesti senantiasa bersih agar kesehatan ikan terjaga dan tidak stres serta warna merahnya tetap mempesona.

Sayangnya, ikan arwana super merah tercatat dalam daftar spesies yang terancam punah dari data International Union for Conservation of Nature (IUCN). Salah satu penyebab potensi kepunahan ikan ini di alam secara alami antara lain tingkat peminat dan daya jual yang terbilang tinggi.

Untuk itu, sejumlah langkah konservasi dan pembudidayaan ikan arwana langka ini terus dilakukan banyak pihak. Tak hanya dibudidayakan di dalam kolam tetapi juga penangkaran di akuarium. *