Aplikasi Papua Tourism Dukung PON XX 2021

Aplikasi Papua Tourism
Aplikasi Papua Tourism.*

 

BandungKlik – Aplikasi Papua Tourism baru saja diluncurkan di Provinsi Papua oleh Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Bidang Sosial Budaya. Tentu saja, kehadiran aplikasi ini dalam genggaman turut mendukung perhelatan PON XX Papua Tahun 2021.

Rencananya, pesta olahraga multievent terbesar tanah air ini berlangsung mulai 2 Oktober mendatang. Lantas, apa saja fitur aplikasi ini?

Salah satu tujuan peluncuran Aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di Papua. Potensi ini meliputi wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner.

Secara umum aplikasi Papua Tourism mengidentifikasi dan inventarisasi beragam potensi budaya dan destinasi wisata di Bumi Cenderawasih. Tepatnya, potensi budaya dan pariwisata di sekitar empat cluster PON XX Papua dan dua wilayah buffer.

Empat destinasi wisata di cluster PON XX ini antara lain Pantai Hamadi (Kota Jayapura), Danau Sentani (Kabupaten Jayapura), Taman Nasional Lorentz (Kabupaten Mimika), dan Taman Nasional Wasur (Kabupaten Merauke).

Sementara di wilayah buffer, destinasi wisata yang diandalkan antara lain Lembah Baliem (Kabupaten Jayawijaya) dan Pantai Samber (Kabupaten Biak Numfor).

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Alam di Papua, Wajib Dikunjungi!

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan Gerai Hanoi Papua, yaitu e-Commerce penjualan beragam produk ekonomi kreatif khas Papua secara daring (online). Pengakses aplikasi Papua Tourism dapat menemukan beragam produk unggulan, seperti kopi, noken (tas tali anyam), tifa hingga lukisan yang estetis.

Direktori atau informasi penting lainnya yang dimuat dalam aplikasi mencakup transportasi, akomodasi di Papua, kuliner, UMKM dan berita Papua terkini.

Perhelatan akbar PON XX 2021 tentu saja bukan hanya mengakomodasi atlet dan ofisial, tetapi juga keluarga dan wisatawan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dengan diluncurkannya Aplikasi Papua Tourism, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kontingen PON dan wisatawan yang datang ke Papua. Demikian pula bagi para pelaku ekonomi kreatif setempat sehingga mampu meningkatkan perekonomian. *

Silakan baca: Khombow, Lukisan Kulit Kayu Khas Papua