BandungKlik – Aplikasi Indonesia Airport (INAirport) milik PT Angkasa Pura II (AP II) memperluas layanannya dengan menghadirkan fitur baru untuk semakin menjadi andalan pengguna. Fitur baru berupa layanan di luar hal yang berkenaan dengan traveler di bandara.

Mengutip dari laman angkasapura2.co.id, aplikasi INAirport merupakan salah satu platform digital yang merupakan produk dari transformasi digital dari Angkasa Pura II sejak 2016. Ada pula platform digital lainnya, yaitu mobile platform iPerform untuk kalangan internal. Selain itu ada Smart Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) untuk stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta.

Sejak pertama hadir, INAirport sudah dilengkapi 11 fitur layanan traveler di bandara-bandara yang dikelola AP II. Fitur yang dibuat untuk menciptakan seamless digital journey experience guna mendukung kelancaran perjalanan traveler dari dan ke bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Adapun 11 fitur aplikasi INAirport, antara lain e-check in, pemesanan hotel dan tiket pesawat, dan informasi jadwal penerbangan. Fitur lainnya informasi tenant komersial, informasi transportasi darat, informasi layanan di bandara, dan informasi layanan bantuan darurat. Lalu ada airportainment, informasi wisata, berita-berita terbaru khususnya terkait sektor penerbangan, dan e-commerce.

Memasuki tahun 2021, aplikasi INAirport memperluas layanan dengan memperkenalkan fitur baru, yakni payment gateway (gerbang pembayaran). Tujuannya untuk semakin mempermudah masyarakat dalam menjalani keseharian, meski sedang tidak melakukan perjalanan dengan pesawat.

Dengan fitur payment gateway ini, pengguna INAirport dapat melakukan pembayaran. Seperti Telkom, tagihan listrik, tagihan air PDAM, BPJS, tv kabel, multifinance, serta pembelian token listrik. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan top-up pulsa ponsel, top-up paket data, dan pembayaran tagihan pascabayar.

Silakan baca: Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Digitalisasi Hasil Tes Covid-19

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, perseroan sangat fokus mengembangkan aplikasi INAirport untuk mendukung masyarakat menjalani keseharian di samping tentunya menciptakan seamless digital journey experience bagi traveler.

“Pada tahun ini, aplikasi INAirport tidak hanya sangat berguna bagi traveler yang melakukan perjalanan dengan pesawat. Lebih dari itu, aplikasi ini juga dapat menjadi andalan bagi masyarakat luas dalam menjalani keseharian,” ungkap Awaluddin.

“INAirport sangat berguna ketika seseorang melakukan perjalanan dengan pesawat dari dan ke bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Ketika pengguna tidak bepergian, aplikasi ini bermanfaat sebagai payment gateway. Cukup download INAirport untuk merasakan dua manfaat ini,” tambahnya.

Seiring dengan transformasi digital yang dilakukan AP II pada awal Kuartal II/2021 ini, berhasil meraih sejumlah penghargaan. Diantaranya The Most Innovative Transportation and Logistics Company for The Development of Airport Infrastructure Digital Systems pada Indonesia Digital Innovation Award 2021 yang digelar Warta Ekonomi, lalu penghargaan Digitech Award 2021 yang digelar itech untuk kategori The Best ICT Business Strategy, The Best IT Leadership in Port & Logistics Industries, dan The Best CEO in Digital Transformation.

Silakan baca: Bandara Soekarno Hatta Kenalkan Fasilitas Roombox

“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada AP II sejalan dengan transformasi digital yang dilakukan perseroan. Melalui transformasi digital ini, AP II juga akan membawa sektor kebandarudaraan nasional dapat berada di level berikutnya. Untuk bersaing di tingkat regional,” ucap Awaluddin.

Penghargaan di bidang digital ini menjadi penyemangat bagi PT Angkasa Pura II untuk dapat menjadi pemimpin pasar operator bandara di ASEAN pada 2024. Ke depannya juga, PT Angkasa Pura II akan selalu melakukan pembaruan pada aplikasi INAirport sehingga dapat tetap menjadi andalan traveler dan masyarakat luas.*