BandungKlik – Lebih dari 7.000 kultivar tersedia di seluruh dunia, tak mengherankan jika apel adalah buah yang paling banyak dikonsumsi secara global.

Dari varietas merah manis, seperti Red Delicious hingga hijau yang tajam, seperti Granny Smith bisa ditemukan di berbagai negara. Selain dikonsumsi langsung, buah ini sering kali dihidangkan dalam beragam resep. Misalnya, pai, kue, muffin, selai, salad, oatmeal dan smoothie.

Di samping keserbagunaan kuliner, banyak warna dan rasa untuk dipilih, apel adalah buah yang sehat dengan banyak manfaat. Dikutip dari healthline, berikut manfaatnya yang mengesankan untuk kesehatan.

Kaya nutrisi

Satu apel berukuran 200 gram menyajikan nutrisi antara lain kalori 104, karbohidrat 28 gram, serat 5 gram, dan vitamin C 10% dari nilai harian (DV). Nutrisi lainnya tembaga 6% dari DV, kalium 5% dari DV, dan vitamin K 4% dari DV. Penyajian ini juga menyediakan 2-5% DV untuk vitamin E, B1, dan B6.

Membantu menurunkan berat badan

Buah ini kaya akan serat dan air, dua kualitas yang mengenyangkan. Perasaan kenyang yang meningkat berfungsi sebagai strategi penurunan berat badan karena membantu mengatur nafsu makan. Pada gilirannya, ini bisa mengurangi asupan energi. Polifenol yang terkandung di dalam buah ini juga diyakini memiliki efek antiobesitas.

Baik untuk kesehatan jantung

Apel meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Serat yang tinggi yang dimilikinya membantu menurunkan kolesterol. Sementara polifenolnya membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke, dan diabetes.

Meningkatkan kesehatan usus

Buah bernama ilmiah Malus domestica juga mengandung pektin, yakni sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Ini berarti memberi makan mikrobiota usus Anda yang merupakan bakteri baik di dalam usus.

Membantu mencegah kanker

Antioksidan dalam apel memberi efek menguntungkan terhadap jenis kanker tertentu, termasuk kanker paru-paru, payudara, dan saluran pencernaan.

Membantu melawan asma

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam buah ini dapat membantu mengatur respons imun dan melindungi dari asma, yaitu melindungi paru-paru dan kerusakan oksidatif.

Melindungi otak

Quercetin dalam apel dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Selain itu, quercetin dapat mengatur penanda stres oksidatif dan inflamasi. *

Silakan baca: 

Delapan Manfaat Luar Biasa Buah Leci

Buah Kiwi dan Manfaatnya yang Menakjubkan