Anugerah Budaya Kota Bandung, Apresiasi Bagi Seniman dan Budayawan

Anugerah Budaya Kota Bandung
Pemberian Anugerah Budaya Kota Bandung 2021 di Hotel Savoy Homann. (Humas Kota Bandung)

 

BandungKlik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar acara Anugerah Budaya Kota Bandung 2021. Bertempat di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Minggu (28/11/2021).

Anugerah Budaya tahun ini diberikan kepada 24 orang seniman, budayawan, dan lembaga yang telah berkontribusi dan mengharumkan nama Kota Bandung. Penghargaan diserahkan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Oded menuturkan, Anugerah Budaya ini sebagai bentuk apresiasi Pemkot Bandung kepada para pelaku, tokoh, praktisi seniman, dan budayawan yang telah memberikan sumbangsih pemikiran, prestasi, dan inovasi. Serta kreativitas terhadap kemajuan budaya di Kota Bandung.

Sehingga mereka layak untuk mendapatkan anugerah. Berdasarkan kiprah, karya, dan karsanya yang telah dikenal masyarakat.

“Tapi saya mohon maaf dari sekian banyaknya seniman dan budayawan tapi kita hanya memberi ke 24 orang, karena keterbatasan. Tetapi Mang Oded sangat mengapresiasi seluruh seniman dan budayawan,” ungkapnya, dalam siaran pers Pemkot Bandung.

Melalui anugerah ini, Mang Oded juga berharap semoga bisa menjadi pemicu semangat untuk para penerimanya agar terus berkiprah dan berkarya. “Budaya dan seni di Kota Bandung mari kita indahkan bersama,” ajaknya.

Silakan baca: Pemkot Bandung Berikan Anugerah Pesona Pariwisata 2021

Selanjutnya, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang telah berlangsung sejak 2006. Hingga kini, Pemkot Bandung telah memberikan Anugerah Budaya kepada 165 orang budayawan dan seniman.

“Ini sebagai bentuk apresiasi atas karya seniman dan budayawan yang telah mengharumkan nama Kota Bandung baik secara nasional, regional, maupun internasional,” ungkapnya.

Sebelum ditetapkan sebagai penerima anugerah budaya, mereka terlebih dulu diseleksi oleh 5 orang juri. Terdiri dari berbagai unsur yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

“Biasanya ada 10 penerima anugerah tapi untuk tahun ini ada perubahan, yaitu untuk 24 orang penerima anugerah,” terang Kenny.

Para Pemenang

Berikut ini daftar para penerima penghargaan, antara lain: Agung Hujatnika (Kurator Seni Rupa), Arahmaiani (Pelukis), Asep Gurmawan (Revitalisasi Penca), Bandung Death Metal Sindicate (Music Kontemporer), dan Budi Riyanto (Kartunis Sunda).

Kemudian Fathul A. Husein (Sutradara Teater), Ferry Curtis (Music Balada), Jayagiri (Perlengkapan Outdoor), Karim Suryadi (Pengamat Komunikasi Politik), dan Komunitas Iket Sunda (Pakaian Tradisional). Lalu Komunitas Karinding Attack (Music Kontemporer), Lili Suparli (Karawitan Sunda), Lotek Kalipahapo (Kuliner), Mimin Mintarsih (Public Speaking), dan Perguruan Pusat Tarung Drajat (Bela diri).

Silakan baca: Kalender Event Bandung 2022 Hadirkan 78 Event

Ada lagi Rumah Baca Buku Sunda (Perpustakaan Sunda), Soeria Disastri (Sastra), Supardiyono Sobirin (Lingkungan), Taufik Futurohman (Bahasa/Sastra), Teddy Kardin (Teknologi Tradisional). Tien Wartini (Manuskrip), Wanadri (Komunitas Pecinta Alam), Wakasrul (Sandiwara Sunda), dan Yan Achiemsa (Pop Sunda).*