BandungKlik – Di tengah masa pandemi dari tahun lalu, PT Angkasa Pura II (AP II) selaku pengelola 14 bandara di Indonesia melahirkan sejumlah inovasi. Demi mendukung kenyamanan dan keamanan para traveler atau penumpang.

Keberhasilan melahirkan sejumlah inovasi itu tak lepas dari sikap rajin mendengarkan suara masukan dari para traveler. Hingga akhirnya AP II pun diapresiasi organisasi yang menaungi bandara-bandara di seluruh dunia, Airport Council International (ACI).

Bandara-bandara yang mendapat apresiasi tersebut, antara lain Soekarno-Hatta (Tangerang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Husein Sastranegara (Bandung). Berikutnya Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit, Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), dan Halim Perdanakusuma (Jakarta). Selain itu Banyuwangi, Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), Sultan Thaha (Jambi), dan Sultan Iskandara Muda (Aceh).

Apresiasi itu mecerminkan bandara-bandara AP II secara berkelanjutan rajin mendengar suara traveler baik itu berbagai apresiasi serta masukan, untuk selalu meningkatkan aspek pelayanan.

Munurut President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, perseroan memperkenalkan berbagai inovasi untuk tetap memudahkan dan mewujudkan perjalanan udara yang lancar (seamless journey) bagi traveler dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Silakan baca: Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Airport Health Center

“Sejumlah inovasi kami perkenalkan pada tahun lalu untuk memudahkan perjalanan dengan pesawat dan mendukung traveler tetap memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Dasar dari adanya inovas-inovasi tersebut di bandara AP II salah satunya adalah suara dari traveler atau penumpang pesawat,” ujar Awaluddin, dikutip dari angkasapura2.co.id.

Berikut ini sejumlah inovasi AP II pada tahun lalu di tengah pandemi, antara lain:

Airport Health Center

Airport Health Center menjadi salah satu tulang punggung bandara-bandara AP II dan merespons calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes COVID-19 di bandara. Melalui faskes ini, calon penumpang pesawat bisa dengan mudah memenuhi protokol kesehatan. Khususnya terkait dengan persyaratan tes COVID-19, baik itu rapid tes antigen atau PCR test.

Platform Digital

Melalui aplikasi eHAC milik Kementerian Kesehatan, hasil tes COVID-19 yang dikeluarkan AHC di Bandara AP II dapat diperiksa secara digital. Sehingga memudahkan calon penumpang pesawat untuk bepergian dengan tetap mematuhi protokol.

Biosafety dan Biosecurity Management

Biosafety dan Biosecurity Management upaya Bandara AP II untuk memperkuat protokol kesehatan dengan memberikan bandara yang sehat, bersih dan higienis bagi traveler, pengunjung bandara, dan pekerja di bandara.

Video Customer Assistant (VICA)

AP II memperkenalkan VICA bagi traveler atau calon penumpang yang membutuhkan pelayanan langsung di terminal dengan berkomunikasi dua arah. Fasilitas ini memberikan pelayanan layaknya customer assistant, namun dilakukan melalui video guna mengurangi interaksi langsung selama pandemi.

Informasi Travel Advisory

Persyaratan penerbangan yang harus dipenuhi traveler di rute domestik dan internasional sangat dinamis di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Karena itu, AP II memberikan informasi travel advisory yang diperbarui secara berkala, melalui sistus covid19.angkasapura2.co.id dan aplikasi INAirport. *