Angkasa Pura 1 Sambut Baik Tes GeNose C19 di Bandara

uji coba Genose C19 di Bandara YIA
Bandara YIA Kulon Progo, jadi tempat uji coba Genose C-19 di bandara. (dok. AP I)

 

BandungKlik – Pemerintah berencana akan menggunakan deteksi Covid-19 GeNose C19 di bandara pada 1 April 2021 mendatang. Rencana ini pun disambut baik Angkasa Pura Airports (AP 1).

Adanya rencana tersebut, menumbuhkan optimisme di sektor aviasi. Dengan adanya layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau ini berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.

Kini pihak AP 1 tengah melakukan persiapan uji coba penggunaan GeNose C19 sesuai Surat Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara nomor AU.201/4/12/DJPU.DKP-2021 perihal persiapan dan percobaan penggunaan peralatan GeNose C-19. Tahap uji cobanya akan dilaksanakan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo.

“Angkasa Pura Airports sangat menyambut baik rencana penggunaan alat tes Covid-19 GeNose C19 di bandara pada 1 April mendatang. Hal ini merupakan sentimen positif bagi sektor aviasi di mana layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara,” tutur Dirut Angkasa Pura Airports Faik Fahmi dikutip dari situs ap1.co.id.

Silakan baca: KAI Tambah 6 Stasiun Layani Tes GeNose C19

Angkasa Pura Airports dalam fase persiapan akan berkoordinasi dengan pihak penyedia alat GeNose C-19 untuk meyediakan 40 alat GeNose C19, menyiapkan area lokasi layanan GeNose C-19 di YIA, menyiapkan prosedur alur pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C-19, dan kemudian melakukan simulasi pemeriksaan Covid-19 menggunakan  GeNose C19 pada minggu ketiga Maret 2021.

Pada tahap awal, layanan tes Covid-19 dengan GeNose C19 akan diimplementasikan di Bandara YIA Kulon Progo dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh bandara Angkasa Pura Airports. Layanan tersebut, dikhususkan bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket penerbangan.

Soal harga layanan tes tersebut di bandara Angkasa Pura Airports akan diinformasikan kemudian. Setidaknya menjelang pelaksanaan penerapannya di bandara pada 1 April 2021 mendatang.

Silakan baca: GeNose C19 Diusulkan Jadi Alat Skrining di Sektor Pariwisata

“Dengan adanya layanan GeNose C19 nanti  di bandara, akan menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR. Hal ini akan semakin memudahkan pengguna jasa bandara yang ingin melakukan perjalanan udara,” ucap Faik Fahmi.*