Anggrek Executive Lounge Stasiun Tugu Hadirkan Fasilitas Bintang

Anggrek Executive Lounge
Suasana Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu.

 

BandungKlik – Rasa bosan, kantuk, dan penat sering muncul saat menunggu kereta di sebuah stasiun. Namun semua rasa itu akan hilang kala menunggu kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta. Pasalnya, tersedia tempat tunggu Anggrek Executive Lounge yang memiliki fasilitas bintang.

Anggrek Executive Lounge hadir untuk memberikan pelayanan terbaik pada penumpang Kereta Api Indonesia (KAI) selama perjalanan. Ruang tunggu berbayar ini dapat diakses calon penumpang dari semua kelas tiket, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi.

Pengelolaannya berada di bawah anak perusahaan KAI, PT. Kereta Api Indonesia Pariwisata yang khusus bergerak di bidang pariwisata. Bisnis utamanya menyediakan kereta wisata.

“Kalau pernah dengar kereta sultan, kereta istimewa yang kemarin sempat viral di TikTok. Kereta yang interiornya lebih bagus daripada kereta regular dan hanya bisa di-charter atau disewa rombongan. Bisnis penunjangnya, salah satunya Anggrek Lounge dan Shower & Locker,” papar Titik Kusumarini, Marketing Anggrek Executive Lounge.

Keberadaan Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu tersebut, sudah ada sejak 2017. Dan sudah banyak melayani penumpang KA dengan pelayanan prima.

Dari segi interior, lounge tampil eksklusif dilengkapi fasilitas yang mumpuni. Bagi penumpang yang baru tiba di Stasiun Tugu, hanya perlu berjalan beberapa langkah untuk sampai di Anggrek Executive Lounge.

Silakan baca: Shower & Locker Jogja, Bantu Wisatawan Melepas Penat

Teknis memasuki area lounge, penumpang mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menunjukkan kartu tanda pengenal dan juga tiket perjalanan kereta. Setelah data tervalidasi, penumpang memiliki akses untuk menggunakan semua fasilitas yang disediakan.

“Mereka bisa menunggu di sini dan sudah mendapat kenyamanan yang mereka cari. Ruangan tunggu kami ber-AC, tempat duduknya nyaman, musala, toilet dan smoking area sudah disediakan di dalam juga,” lanjut Nisa salah satu karyawan.

Terdapat pula ruangan VIP bagi para direksi atau pejabat daerah, seperti Gubernur dan Walikota Yogyakarta. Bagi penumpang yang merasa lapar dan haus, tersedia coffee break mencakup teh, kopi, dan beberapa snack, bahkan bisa refill sepuasnya.

Tarif Lounge

Semua pelayanan tersebut dapat dinikmati dengan tarif Rp. 35.000/orang dan tidak dibatasi waktu karena saat ini penumpang kereta api belum mengalami kepadatan. Namun, ketika terjadi kepadatan maka akan dibatasi satu transaksi untuk waktu 4 jam saja.

Sebelum masa pandemi, lounge ini menyediakan menu all you can eat makanan berat secara prasmanan dengan membayar Rp. 65.000. Namun untuk mencegah penyebaran dari Covid-19, akhirnya menu all you can eat ditiadakan.

Selain nyaman tempatnya, penumpang juga tidak perlu keluar lagi untuk mencari apa yang dibutuhkan. Sebab semuanya sudah terfasilitasi di satu tempat.

Mayoritas pengguna lounge ini, memang sudah menjadi langganan dengan keberangkatan Jogja-Gambir, Jogja-Bandung, dan Jogja-Surabaya. Kehadirannya menjadi tempat ternyaman untuk menunggu kedatangan dan keberangkatan kereta selanjutnya.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Candi di Sekitar Borobudur

Executive Lounge tersebut melayani penumpang dari Senin-Kamis dengan mengikuti jam operasional kereta. Untuk weekend (akhir pekan) full service 24 jam dari pagi hingga malam.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Yogyakarta